Kamis, 17 Mei 2012

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Kulit


     Buah merupakan salah satu makanan yang harus ada dalam menu sehari-hari agar mencukupi gizi dan vitamin pada tubuh.  Dengan mengkonsumsi buah-buahan tidak hanya membuat tubuh kita lebih sehat tapi juga merawat kulit dan mencegahnya agar tidak cepat menua. Contoh salah satu buah adalah jambu biji. Jambu biji biasa dapat dikonsumsi langsung ataupun dibuat minuman juice.
  
     Buah jambu biji merupakan buah yang berasal dari brazil, disebarkan di Indonesia melalui Thailand. Jambu biji ini memilki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam manis. Buah jambu biji dikenal banyak mengandung vitamin yang baik bagi tubuh.

    Jambu biji merupakan salah satu buah yang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit. Menurut penelitian, mengkonsumsi jambu biji secara teratur akan membantu menghaluskan kulit dan menjadikan awet muda. Hal ini dikarenakan buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Bahkan jumlahnya empat kali daripada satu buah jeruk, dan 10 kali lebih banyak mengandung vitamin A daripada satu buah lemon.

     Vitamin C berfungsi membantu proses peremajaan kulit sehingga kulit menjadi lebih halus dan cerah. Hal ini disebabkan karena vitamin C meningkatkan produksi kolagen dilapisan kulit sehingga membuat kulit menjadi lebih kenyal. Vitamin C juga membantu memperbaiki tekstur dan struktur kulit yang rusak, sehingga kulit dapat teregenerasi dengan baik.

     Jambu biji juga memiliki kandungan vitamin E yang bersifat antioksidan. Kandungan  antioksidan didalam buahnya bisa membantu mempertahankan struktur kulit agat tak termutasi akibat paparan sinar UV, dan menghindarkan kulit dari radikal bebas yang dialami setiap hari.

     Untuk mendapatkan hasil maksimal dari jambu biji, sebaiknya konsumsi jambu biji ini minimal dua buah per harinya, baik dalam bentuk potong ataupun dijus. Ketika memilih untuk dijus, blender buah jambu biji dan kulitnya, baru kemudian disaring.

Sumber:  kompas.com

2 komentar: