Kamis, 17 Mei 2012

Musik Bagi Kesehatan Si Kecil


     Memainkan alat musik merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Selain dapat mengurangi stress juga dapat memberikan perasaan senang ketika memainkan musik. Ternyata efek positif musik ini tidak hanya dapat dinikmati oleh orang dewasa saja, tetapi juga dapat membawa dampak yang baik bagi si kecil. Sebuah riset dari para peneliti McMaster University mengindikasikan, melatih anak usia dini bermain musik dapat memberikan manfaat, bahkan sebelum mereka dapat berjalan atau bicara.

     Peneliti menemukan bahwa bayi berusia satu tahun yang berpartisipasi dalam kelas musik interaktif bersama orang tua mereka cenderung lebih sering tersenyum, berkomunikasi lebih baik dan menunjukkan respons otak yang lebih prima terhadap musik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa otak bayi mungkin sangat plastik (elastis) berkaitan dengar paparan musik. Ujar Trainor yang mempublikasikan temuannya dalam jurnal ilmiah.

     Dalam risetnya, Trainor bekerjasama dengan david Gerry, seorang pengajar musik dan mahasiswa pascasarjana yang menerima penghargaan dari yayasan Grammy tahun 2008 untuk mempelajari efek dari pelatihan musik pada bayi. Dalam studi terakhirnya, Trainor dan Gerry melibatkan sekelompok bayi dan para orang tua untuk berpartisipasi dan menghabiskan waktu selama enam bulan mengikuti kelas musik setiap minggunya.

     Dengan berpartisipasinya orang tua dan anak dalam kelas musik ini juga menjadi suatu cara agar orang tua dapat terhubung dengan bayi mereka. Hal terbesar tentang musik adalah semua orang menyukainya dan semua orang bisa belajar permainan musik interaktif secara bersama-sama.

     Jadi mulai dari kecil mulailah kenalkan anak anda dengan musik. Selain bisa mengajarkan kegiatan positif, siapa tau kegiatan ini dapat mengeluarkan bakat sikecil yang tersembunyi. Memainkan musik juga sangat baik untuk melaih otak kanan.

Sumber: Physorg

0 komentar:

Posting Komentar