Minggu, 13 Mei 2012

Fenomena SuperMoon 2012


     Pada sabtu malam (5/5/2012), masyarakat sangat antusias melihat bulan di malam hari. Masyarakat ini sedang menantikan untuk melihat SuperMoon. Kejadian unik ini meang jarang terjadi, inilah yang membuat banyak orang menunggu untuk menyaksikan fenomena alam ini. Ngomong-ngomong udah tau belum apa itu Supermoon. Mungkin kalau diartikan ke Bahasa Indonesia kira-kira bulan super atau bulan besar. Untuk lebih jelasnya dilanjut deh bacanya.

     Kepala Observatorium bosscha, hakim L. Malasan, mengatakan bahwa Supermoon sejatinya bukan peristiwa langka. Supermoon terjadi saat purnama bersamaan dengan waktu Perigee atau saat bulan berada di titik terdekat dengan Bumi. Saat Supermoon, bulan akan 10% lebih dekat (jarak dari bumi hanya sekitar 350.000 km. dampaknya bulan akan 14% lebih besar serta 30% lebih terang.

     Tahun lalu, supermoon terjadi pada 19 maret 2011. Tahun ini Supermoon memuncak pada minggu (6/5/2012). Purnama mulai terjadi pada pukul 10.35 WIB sementara Perigee terjadi pada 10.34 WIB. Menurut Hakim, Supermoon tahun ini cukup istimewa. Waktu purnama dan perigee yang hanya terpaut 1 menit cukup langka, menjadikan Supermoon tahun ini sebagai salah satu yang terbaik.

     Hakim menerangkan bahwa Supermoon sebenarnya tidak dikenal dalam astronomi. Astronomi tidak member istilah khusus pada fenomena purnama dan perigee yang hampir bersamaan. Supermoon hanya dikenal dalam dunia astrologi. Astrologi sendiri bukan bagian dari sains. Astrologi berupaya mengaitkan gerakan benda langit serta dampaknya bagi manusia.

     Salah satu bentuk kaitan Supermoon dan bencana adalah kejadian gempa tahun 2011 lalu. Menurut sejumlah pihak , salah satu pemicu gempa adalah purnama yang berada dititik terdekat dari bumi ini. “kalau dalam astronomi, Supermoon sebenarnya biasa saja. Tidak ada kaitannya dengan bencana. Bisa mempengaruhi air pasang dilaut, tapi tidak significant sekali,” kata Hakim.

     Meskipun merupakan hal biasa dalam astronomi, supermoon tetap memiliki daya tarik. Jadi jangan di sia-siakan, ajak keluarga atau teman untuk melihat bulan yang jarang-jarang tampil besar dan indah.

Sumber: kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar