Rabu, 23 Mei 2012

Kelelawar Sang Penjelajah Malam


     Pasti kenal dengan Batman dong. Batman merupakan salah satu pahlawan superhero yang melindungi kota Gotham. Batman identik dengan kelelawar sang binatang penjelajah malam. Kayaknya unik juga kelelawar ini untuk dibahas. Kelelawar disebut hewan malam karena mereka biasanya keluar pada malam hari untuk mencari makan. 

     Mungkin ada yang bertanya kenapa kelelawar tidak berkeliaran di siang hari, ini dikarenakan ada kekurangan pada system penglihatan kelelawar. Kelelawar tidak dapat melihat pada siang hari karena penglihatan kelelawar hanya sebatas sinar infra merah saja sehingga pada siang hari semua akan tampak hitam dimatanya.

     Kelelawar biasa diidentikan juga dengan vampire, hmm apa benar ya kelelawar ini senang menghisap darah. Ternyata 70% kelelawar hidup dengan memakan serangga. Seekor kelelawar bisa memakan 600 hingga 1000 nyamuk dalam waktu satu jam. Kelelawar yang berasal dari new mexico adalah satu-satunya jenis kelelawar yang suka darah binatang ternak (buat yang tinggal diIndonesia aman kok). Kelelawar ini tidak menghisap tapi membuat sedikit sobekan pada kulit binatang yang sedang tidur dan meminumnya sekitar dua sendok teh sehari.
  
     kelelawar menggunakan sonar sebagai alat navigasi dalam menentukan arah. Kelelawar memiliki penglihatan yang sangat baik pada malam hari. Sonar ini akan dikeluarkan dan pantulannya akan diterima kembali oleh kelelawar dan bisa dijadikan semacam identifikasi sasarannya. Fakta unik bahwa kelelawar selalu belok kekiri jika terbang keluar dari gua.

     Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Anak-anaknya lahir dalam keadaan hidup dan minum susu induknya. Ketika anak-anaknya masih sangat kecil, induknya membawa mereka ketika berburu.

     Oke deh sekian dulu pembahasan kita tentang sang penjelajah malam semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

Sumber: katamutiara.info

0 komentar:

Posting Komentar