Sabtu, 19 Mei 2012

Lakukan Ini Ketika Bangun Tidur


     Kira-kira apa yang anda lakukan ketika bangun tidur. Pasti setiap orang memiliki kegiatan sendiri ketika mereka bangun tidur. Contohnya saja mungkin ada yang langsung mandi atau sikat gigi atau yang lain-lain. Mungkin juga ada yang masih bermalas-malasan ketika bangun tidur

     Menurut jack Wiener, psikoanalis bersertifikat dan penulis buku The Way of The 4th Toe: Into The Feeling Body, hal yang paling utama dilakukan ketika bangun tidur adalah mengembalikan kesadaran anda terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak terburu-buru melakukan aktivitas yang malah dapat menyebabkan kecelakan karena kesadaran anda yang belum pulih ketika bangun tidur.

     Dengan mengembalikan kesadaran secara penuh juga membuat anda dapat melepaskan ketegangan otot-otot  anda lebih mampu mengatasi stress. Lakukanlah hal berikut ketika anda bangun tidur.

     Sebelum bangkit dari tempat tidur, regangkan jari-jari kaki anda selama 15-30 detik. Biarkan ujung jari meruncing kedepan. Dengan cara ini, secara perlahan tubuh anda mulai mengaktifkan otot-ototnya  dan membawa kesadaran pada kaki. Kemudian goyangkan jari-jari tangan, dan buat genggaman tangan.dengan perlahan tutup dan buka genggaman anda selama 15-30 detik. Menurut weiner, gerakan ini memang tergolong ringan, namun bisa sangat membantu mengaktifkan tubuh dan kesadaran anda ketimbang jika anda langsung melompat dari tempat tidur.

     Setelah bangun dan bersiap bangkit dari tempat tidur, letakkan telapak kaki anda mendatar diatas lantai. Kemudian berdirilah selama beberapa saat, sadaari bahwa anda benar-benar telah menjejak lantai.

     Lakukan peregangan ringan pada otot-otot belakang paha (hamstring). Sebaiknya jangan langsung melakukan peregangan ke bagian tubuh bagian atas, seperti pada leher dan pundak, agar tubuh lebih mampu menjejak bumi. Semakin anda membumi dan merasakan tubuh anda, semakin anda mampu membawa kesadaran penuh sepanjang hari.

     Itulah tips gerakan yang anda dapat lakukan ketika anda bangun pagi. Semoga setelah anda memperaktekkan tips diatas dapat membuat pagi hari anda lebih baik dan siap beraktivitas setelahnya.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar