Jumat, 18 Mei 2012

Penyebab Anda Mudah Lelah


     Mudah lelah tentu menjadi kendala untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Ada banyak penyebab mudah lelah diantaranya bisa dari faktor makan yang tidak sehat, merasa tertekan atau selalu bekerja dibawah tekanan, ataupun karena kurang tidur. Kurang tidur memang dapat membuat tubuh cepat lelah, karena itu cukup tidur setiap hari sangatlah penting. Akan tetapi jika tidur sudah cukup tapi tetap merasa cepat lelah kira-kira apa penyebabnya.

      Anda tentu kenal penyakit anemia. Anemia merupakan penyakit kekurangan sel darah merah. Banyak pakar mengatakan anemia merupakan  salah satu penyebab kenapa manusia cepat lelah. Hal ini dapat terjadi karena fungsi sel darah merah dalam tubuh yang membawa oksigen ke setiap sel dalam tubuh. Oksigen ini sangat dibutuhkan oleh setiap sel dalam tubuh kita untuk menghasilkan energy. Jadi singkatnya jika anda tidak memiliki sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen maka anda tidak bisa mendapatkan energy dari sel-sel anda.

     Karena itu banyak pakar yang menganjurkan agar dilakukan pemeriksaan sel darah merah setiap tahun. Ada beberapa jenis anemia, salah satunya adalah anemia karena kekurangan zat besi. Zat besi adalah salah satu blok pembentuk sel darah merah dalam tubuh. Jika anda tidak memiliki cukup zat besi dalam diet anda maka anda tidak akan memiliki cukup untuk membuat sel darah merah.

     Untuk mengatasi anemia karena kekurangan zat besi ini maka anda dapat menambah porsi makanan yang mengandung zat besi lebih banyak. Contoh makanan yang mengandung zat besi adalah daging merah, kuning telur, sayuran hijau gelap, kismis, tiram, kalkun, kacang polong cewek, hati dan artichoke. Selain melalui makanan anda juga dapat mengkonsumsi supplemen penambah zat besi untuk menambah kadar zat besi dalam darah.

     Cepat lelah tentu akan menghambat rutinitas anda, karena itu biasakan pola hidup sehat dan hindarilah stress. Jauhi tidur larut malam dan biasakan makan makanan yang bergizi agar tubuh segar dan fit selalu.

Sumber: okezone

0 komentar:

Posting Komentar