Selasa, 15 Mei 2012

Serba- Serbi Sushi


     Sushi merupakan makanan khas jepang yang sudah terkenal dimana-mana. Sushi merupakan salah satu makanan yang menggunakan bahan seafood mentah. karena Penggunaan bahan mentah ini sempat ada perdebatan tentang baik tidaknya makanan sushi ini bagi kesehatan. Walaupun menggunakan bahan mentah, rasa sushi tetap eksotis tentunya karena ditunjang oleh bumbu-bumbu special.

     Para penggemar sushi yakin bahwa sushi merupakan makanan sehat karena kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Sebaliknya ada sebagian orang menganggap sushi tidak sehat karena menggunakan ikan mentah. Ikan mentah dianggap memiliki kandungan bakteri yang tinggi.

     Ternyata sushi cukup aman dimakan selama diolah dengan benar. Di jepang sendiri, hanya chef khusus yang bisa mengolah sushi. Beberapa jenis ikan diantaranya Tuna dan Salmon yang dipakai dalam olahan sushi ternyata memiliki kadar merkuri yang tinggi. Jadi sebaiknya jangan makan terlalu banyak ikan-ikan ini. Anjuran konsumsi ikan laut sebaiknya tidak lebih dari 150 gram perminggu.

     Selain mengandung merkuri ikan-ikan ini juga memiliki kadar lemak yang tinggi. Ikan berlemak tinggi hanya dianjurkan diasup maksimal 600 gram perminggu. Jadi jika ingin menikmati sushi, disarankan lebih baik memilih yang menggunakan bahan lain seperti belut atau tobiko (telur ikan terbang warna oranye).

     Bagi anda yang sedang diet, menu sushi ini bisa jadi salah satu pilihan. Para ahli kesehatan mengatakan sushi cukup variatif dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi. Sushi memiliki bahan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Sushi ukuran sedang mengandung 350 kalori dan kadar lemak rendah, hanya 3,6 gram.

     Sushi memang memiliki kadar protein yang tinggi. Tetapi makan sushi saja tidak cukup untuk membuat anda hidup sehat. Jadi anda harus tetap mengkunsumsi makanan lain terutama buah-buahan dan sayuran. Tetap sehat dan makan teratur.

Sumber: future2sharing.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar