Jumat, 18 Mei 2012

Tips Membuat anak Betah Tinggal Di Rumah Baru


     Ketika ingin melakukan pindah rumah terkadang hal yang sulit adalah membuat  anak agar betah dirumah yang baru. Apalagi ketika sianak memiliki banyak kenangan pada rumah yang lama sehingga sulit baginya untuk beradaptasi pada rumah barunya. Apalagi jika pindahnya ke daerah yang jauh dari rumah yang lama, tentu ini akan menjadi tantangan bagi si anak untuk beradaptasi. Sebagai orang tua seharusnya dapat memahami kondisi si anak dan hindari melakukan pemaksaan terhadap anak.

     Tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan terhadap anak sebelum melakukan pindah rumah agar mental anak siap menghadapinya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan penjelasan kepada anak alasan kepindahan. Berkatalah dengan jujur terhadap anak agar tidak menjadi masalah kedepannya. Berikan motivasi kepada anak bahwa dirumah barunya dia akan mendapatkan pengalaman baru dan tentunya keadaan yang lebih baik.

     Kemudian ajaklah anak anda mengunjungi rumah baru tersebut. Berikan kebebasan kepada anak untuk memilih kamar atau desain dari kamarnya sendiri. Setelah itu ajaklah anak anda berkeliling lingkungan sekitar rumah baru. Hal ini penting agar anak dapat mengenal lingkungan sekitar dan dapat segera beradaptasi tentunya. Jelaskan juga keunggulan-keunggulan dari lingkungan sekitar seperti adanya taman bermain atau lainnya.

     Ketika akan pindah rumah buatlah acara perpisahan agar anak mendapat kenangan tersendiri dari rumah lamanya. Undanglah teman-temannya pada acara tersebut. Lakukan beberapa pemotretan sebagai kenang-kenangan bagi si anak. Kemudian ajak anak untuk mengucapkan salam perpisahan kepada teman-teman lamanya.

     Ketika memasuki sekolah barunya temanilah si anak. Kondisi yang baru kadang membuat anak kurang percaya diri sehingga mereka perlu diberikan support tambahan. Perhatikan tingkah laku anak dan cara bergaulnya. Berikan dukungan ke anak agar mau bergaul dan saling mengenal dengan teman barunya.

     Ketika anak ngambek, sebagai orang tua anda mesti bersabar dan jangan memarahi anak. Berusahalah untuk mengerti perasaan anak dan berikan penjelasan yang baik. Memang butuh waktu agar anak dapat betah tinggal dirumah barunya. Tapi dengan tindakan yang baik dan tepat tentu dapat mempercepat minat anak untuk tinggal dirumah barunya. Terima kasih telah membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar