Sabtu, 02 Juni 2012

Bikin Kripik Buah Yuk


      Anda pernah berwisata ke malang. Kalau pernah kesana pasti tahukan apa oleh-oleh khas sana. Selain terkenal dengan apelnya biasanya malang terkenal juga dengan kripik buahnya yang banyak jenisnya. Buah yang digunakan biasanya bisa apel, nanas, semangka, dan lain-lain. Tapi pernah terpikir gak sih gimana cara membuat kripik buah ini. Sebenarnya pembuatan kripik ini gampang kok Cuma harus menggunakan alat khusus dalam prosesnya.

     Dalam pembuatan kripik buah alat penting yang digunakan adalah Vacuum Frying.  Alat ini digunakan untuk menggoreng buah sehingga menjadi kripik. Jadi anda tidak bisa menggunakan penggorengan biasa  karena buah bukannya jadi keripik malah  meleleh atau menjadi gosong ketika digoreng.  Ada beberapa keuntungan dalam menggunakan Vacuum Frying ini diantaranya buah tidak gosong, kandungan nutrisi tidak hilang, rasa dan aroma masih seperti aslinya, renyah, tidak perlu bahan pengawet, tidak perlu penambah rasa buatan, makanan memiliki gizi dan serat tinggi.

     Oke deh udah tahu kan alatnya sekarang cara pembuatannya, berikut cara mudah membuat keripik buah:
- Potong buah sesuai bentuk yang diinginkan.
- Rendam potongan dalam air dengan campuran gula atau garam sesuai rasa yang diinginkan.
- Masukkan buah tadi kedalam lemari es hingga beku
- Masukkan buah yang beku kedalam mesin Vacuum Frying dan goring hingga garing dan renyah.
- Tiriskan buah yang telah digoreng untuk menghilangkan sisa minyak goring.
- Siapkan tempat buat kripik buah yang telah jadi.

     Gimana mudahkan membuatnya. Memang sih tanpa alat Vacuum Frying anda akan sulit membuat kripik buah ini, tetapi minimal kita tahu deh proses pembuatan kripik buah ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar