Selasa, 29 Mei 2012

Mengenal Hebatnya Sinar Gamma


     Pernah nonton film Hulk. Difilm tersebut dikisahkan tentang seorang dokter yang terpapar sinar Gamma sehingga berubah jadi monster berwarna hijau. Kira-kira sehebat apa sih sinar ini di kehidupan nyata. Sinar gama adalah bentuk energy dari radiasi elektromagnetik yang diproduksi oleh radioaktivitas atau proses nuklir atau subatomic lainnya seperti penghancuran electron-positron. Sinar gama sering dinotasikan dengan huruf yunani gamma, yaitu y.

     Jadi intinya sinar gamma berasal dari bahan radioaktif. Bahan radioaktif adalah bahan yang secara alami memancarkan energy. Pancaran energi radioaktif ini juga bermacam-macam, diantaranya sinar x, sinar beta, dan sinar gamma. Pancaran bahan radioaktif ini dapat merusak sel tubuh makhluk hidup. Artinya, jika makhluk hidup terkena pancaran radioaktif terlalu lama, maka makhluk hidup bisa mati. Adapun efek radioaktif pada manusia adalah pusing, nafsu makan berkurang atau hilang, diare, badan panas atau demam, berat badan turun, kanker darah atau leukemia, meningkatnya denyut jantung atau nadi, daya tahan tubuh berkurang sehingga mudah terserang penyakit akibat sel darah putih yang jumlahnya berkurang.

     Para ilmuwan menggunakan sinar gamma untuk membunuh bakteri jahat dan serangga yang merusak makanan. Untuk menciptakan mesin penghasil sinar gamma maka bahan radioaktif yang berbahaya akan diletakkan didalam kotak berlapis timah super tebal. Ilmuwan harus menggunakan baju anti radiasi saat mengutak atik mesin sinar gamma. Makanan lalu dimasukkan kedalam ruangan berlapis timah. Makanan dihadapkan pada mesin sinar gamma. Lalu, sinar gamma disorotkan kemakanan selama sedetik. Hasilnya, 99% bakteri dan serangga langsung mati.

     Sinar gamma juga mempunyai sifat daya tembus yang sangat tinggi, maka sinar gamma digunakan dalam berbagai bidang antara lain:
Industry, untuk mengetahui struktur logam.
Pertanian, untuk membuat bibit unggul.
Teknik nuklir, untuk membuat radio isotop.
Kedokteran, untuk terapi dan diagnosis.
Farmasi, untuk sterilisasi.
Minyak dan gas bumi, untuk mengetahui kedalaman pada saat eksplorasi.

Sumber: kaskus

0 komentar:

Posting Komentar