Rabu, 30 Mei 2012

Mengenal Buah Naga dan Manfaatnya


     Unik ya nama buah yang satu ini. Buah naga begitu namanya. Kira-kira ada yang tahu kenapa diberi nama buah naga. Begini kira-kira ceritanya. Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan diantara dua ekor patung naga berwarna hijau diatas meja altar. Warna merah buah terlihat begitu mencolok diantara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu dikalangan orang Vietnam yang terpengaruh budaya cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah thang loy kemudian diterjemahkan dieropa dan Negara lain yang berbahasa inggris dengan dragon fruit (buah naga).

     Gimana jadi sudah tahukan asal muasal nama buah naga.kemudian informasi selanjutnya. Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocelerus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari meksiko, amerika tengah dan amerika selatan namun sekarang juga di budidayakan dinegara-nrgara asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina dan Malaysia. Buah ini dapat juga ditemukan di Okinawa, Israel, Australia utara dan tiongkok selatan.

     Pada umumnya buah naga dapat dibudidayakan dengan stek dan penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam tidak becek, kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari dan bersuhu antara 38-40 derajat celcius. Jika perawatan baik maka tanaman akan mulai berbuah pada umur 11-17 bulan.

     Buah naga memiliki rasa yang manis dan juga menyegarkan. Selain enak untuk dikonsumsi buah naga juga kaya akan manfaat baik bagi tubuh. Buah naga dapat menurunkan kolesterol dan menyeimbangkan gula darah. Buah ini  juga dipercaya memiliki kandungan vitamin C, beta karoten, kalsium, karbohidrat. Buah naga juga mengandung serat yang tinggi sebagai pengikat zat karsinogen penyebab kanker dan memperlancar proses pencernaan.

     Jadi lebih tahukan tentang buah naga. Melihat manfaatnya sih gak salah deh kalau buah ini dijadikan salah satu menu makanan kita. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar