Jumat, 01 Juni 2012

3 Cara menghindari Makan berlebih


     Aktivitas makan memang tidak bisa kita hindari sebagai kebutuhan pokok. Tetapi makan yang berlebih tentunya juga tidak baik bagi tubuh. Apalagi makanan yang dimakan mengandung banyak zat yang tidak bersahabat dengan tubuh tentunya hanya akan menimbulkan masalah baru bagi tubuh. Makan berlebih dan tidak sehat dapat menyebabkan kegemukan dan kolesterol serta penyakit serius lainnya. Karena itu penting bagi kita untuk menjaga porsi makan agar tidak berlebih. Tetapi kadang agak sulit mengontrol keinginan makan apalagi ketika perut terasa sangat lapar. Berikut tips yang mungkin berguna bagi anda untuk mengurangi porsi makan anda.

Sediakan Buah dan Sayuran

     Mungkin disela kegiatan anda perut tiba-tiba terasa lapar. Jika hal ini terjadi maka biasanya orang akan berusaha mencari sesuatu yang dapat dimakan. Daripada memakan makanan yang tidak sehat lebih baik sediakan buah dan sayuran sebagai cemilan atau santapan dikala perut lapar. Dengan memakan buah dan sayuran ini juga akan mengurangi jumlah porsi makan utama anda. Buah dan sayuran kaya akan serat sehingga baik untuk dikonsumsi dikala lapar dan tidak menimbulkan penumpukan lemak.

Suasana Meja makan

     Mungkin anda tidak percaya kalau suasana meja makan bisa mempengaruhi porsi makan. Menurut journal Of Consumer Research mengungkapkan, paduan warna putih pada piring dan putih pada taplak meja akan menciptakan isyarat visual yang lebih kuat, dan akan membuat anda sadar akan jumlah makanan yang diambil. Diharapkan dengan timbulnya kesadaran ini membuat anda dapat makan dengan porsi yang tidak berlebihan.

Ukuran Gelas Anda

     Ternyata ukuran gelas juga mempengaruhi pola konsumsi anda. Menurut Journal Of Consumer Research  mengungkapkan, gelas bisa menimbulkan ilusi visual yang cukup berbahaya untuk diet. Gelas yang pendek dan lebar ternyata membuat anda minum lebih banyak sekitar 25-30 persen. Jika yang diminum air putih tentu tidak jadi masalah, tetapi jika yang diminum jus, wine, soda, atau minuman yang memiliki kalori tinggi tentu tidak baik bagi tubuh. Jadi sebagai gantinya, pilih gelas yang tinggi dan ramping agar air yang masuk dalam tubuh tetap dapat terkontrol.

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar