Minggu, 27 Mei 2012

Tradisi Muslim Filipina Sebelum Ramadhan


     Bulan ramadhan memang salah satu bulan yang ditunggu oleh umat muslim. Bulan ramadhan sarat akan ibadah kepada Allah Yang Maha Besar. Begitu juga dengan kaum muslim Filipina yang juga memiliki tradisi tersendiri ketika akan menyambut bulan ramadhan. Umat muslim Filipina memiliki tradisi memberikan bantuan kepada keluarga kurang mampu dua bulan sebelum bulan ramadhan. Tradisi ini merupakan wujud kepedulian agar mereka yang kurang mampu tidak mengalami kesulitan ketika akan menjalani ibadah puasa.

     “dua bulan sebelum berpuasa, kami biasa mengumpulkan makanan untuk dikirimkan kepada mereka yang tidak mampu. Kami tentu mengharapkan mereka untuk tidak mengalami kesulitan untuk menjalani puasa. Mereka dapat focus menjalankan ibadah puasa tanpa khawatir makanan apa yang disuguhkan untuk berbuka,” papar Roy Tamano, penasihat komunitas Muslim Mindanao yang berada di Uni Emirat Arab (UEA), seperti dikutip onsilam.net.

     Selain makanan, pihaknya juga mengirimkan kurma, sajadah dan mushaf Al-Quran dalam jumlah besar. Komunitas muslim Filipina lain di UEA, juga melakukan hal serupa. Mereka umumnya memberikan kurma dan sajadah. “kami telah mengumpulkan bantuan dari teman-teman kita yang berada di dhaid dan wilayah emirat lain. Banyak dari mereka yang tak ragu member dalam jumlah besar, papar Abulcair, capatagan, Presiden komunitas tersebut.

     “membantu mereka yang membutuhkan adalah wajib. Tentu tidak sulit untuk menyisihkan 2,5 persen dari pendapatan untuk mereka,”pungkasnya. Saat ini, terdapat 800 muslim Filipina di Uni Emirat. Di Filipina, populasi muslim diperkirakan mencapai 8 persen dari populasi keseluruhan.

     Saling tolong menolong merupakan hal yang wajib dilakukan sesama manusia. Semoga tradisi ini dapat kita contoh apalagi Indonesia merupakan Negara muslim yang besar. Banyak saudara kita yang kurang mampu diluar sana dan butuh bantuan kita.

Sumber; republika

0 komentar:

Posting Komentar