Jumat, 01 Juni 2012

Bahaya Pasta Gigi Beralkohol


     Emang pasta gigi ada alkoholnya? Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa ada beberapa merek pasta gigi yang menggunakan alkohol dalam proses pembuatannya. Alkohol digunakan untuk mempercepat penyerapan dan daya kerja berbagai bahan aktif dalam pasta gigi, seperti fluoride (penguat gigi) ke gigi. Biasanya alkohol yang digunakan adalah jenis ethanol yang bersifat karsinogenik (bersifat berbahaya dan dapat menimbulkan kanker). Padahal sebenarnya kandungan alkohol ini tidak diperlukan oleh gigi dan mulut.

     Alkohol memiliki sifat menyerap banyak air, sehingga adanya alkohol disisa pasta gigi yang menempel bisa menyerap air disekitar mulut, dan menurunkan produksi air liur. Hal ini akan mengakibatkan mulut menjadi kering. Alkohol juga memiliki sifat asam, sehingga ketika dicampur dalam bahan pasta gigi akan berakibat pada pengikisan enamel gigi. Pengikisan ini akan membuat gigi menjadi mudah rapuh dan keropos.

     Menyikat gigi minimal 2 kali sehari memang sangat penting untuk menjaga kekuatan gigi. Tetapi anda juga tidak boleh sembarang memilih pasta gigi. Seperti diterangkan diatas, pasta gigi yang mengandung alkohol sangat tidak baik bagi kesehatan gigi dan mulut.  Tanda bahwa pasta gigi anda mengandung alkohol adalah mulut terasa kering setelah menyikat gigi  Karena adanya zat alkohol yang menyerap air. Jadi segera ganti pasta gigi anda jika merasa gejala ini.
 
Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar