Rabu, 30 Mei 2012

Apa Sih Senjata Mesin?


     Mungkin anda sudah sering mendengar kata senjata api maupun senjata mesin. Tapi udah tahu belum kira-kira apa beda dari kedua jenis senjata ini. Sebenarnya senjata mesin termasuk juga senjata api, Cuma senjata mesin dapat menembakkan pelurunya secara otomatis dan tidak manual. Senapan mesin biasanya menembakkan peluru senapan yang diisi dari sabuk amunisi atau magazine berkapasitas besar. Senapan mesin ini mampu menembakan beberapa ratus peluru dalam waktu satu detik, sungguh mengerikan.

     Pada umumnya senapan mesin ini dibagi menjadi tiga yaitu ringan, sedang, dan berat. Berikut ulasannya.

Senapan Mesin Ringan

     Senapan Mesin Ringan (SMR) adalah kategori senapan mesin yang secara umum lebih ringan dari senapan mesin lain pada masanya. Senapan ini dirancang untuk dibawa oleh satu prajurit saja. Senapan jenis ini menggunakan peluru dengan caliber yang lebih kecil. Ukuran senapan juga lebih kecil dan ringan.

Senapan Mesin Sedang

     Senapan Mesin Sedang (SMS) adalah senapan mesin yang menggunakan peluru caliber berat, dan diisi dengan menggunakan sabuk amunisi. Senapan jenis ini lebih tahan lama dalam menembak dibandingkan senapan mesin ringan. Senjata ini dilengkapi oleh laras yang lebih berat, sirip, kemampuan mengganti laras danpendingin udara. Umumnya senapan mesin sedang beratnya antara 7-20 kilogram.  

Senapan Mesin Berat

     Senapan Mesin Berat (SMB) adalah senapan mesin berkekuatan tinggi dengan caliber besar. Contoh senapan mesin berat adalah Maxim, yang didinginkan oleh air, dioperasikan lebih dari satu orang dan tertanam pada dudukan tripod atau dudukan beroda. Senapan ini dapat menembak secara otomatis dalam waktu yang lama.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar