Selasa, 29 Mei 2012

Enak dan Sehat Dengan Biji Selasih


     Sudah pernah minum es biji selasih. Minuman biji selasih ini cukup popular lho ditempat saya dikalimantan. Biasanya anak-anak ditempat saya menyebut biji selasih ini dengan telur kodok karena bentuknya yang kecil-kecil mirip telur kodok. Minuman yang menggunakan biji selasih ini memang memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga sering digunakan dalam acara perjamuan.

     Selasih disebut juga basil diluar negeri merupakan golongan tanaman yang dapat dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah penyegar (tonikum). Beberapa jenis selasih misalnya kemangi berasal dari asia tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua india.

     Beberapa Negara seperti italia, cina, india, dan thai banyak menggunakan selasih sebagai bagian dari penyedap utama. Di italia, daun selasih juga dikeringkan merupakan salah satu komponen saus pesto khas genoa. Di Indonesia, selasih baru dikenal dari bijinya yang digunakan sebagai campuran minuman penyegar dan daunnya sebagai lalap segar.

     Ternyata selain digunakan sebagai campuran makanan dan minuman, selasih juga dapat digunakan sebagai obat. Di Cina misalnya tanaman ini digunakan sebagai obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat demam hingga sebagai obat kanker. Di Indonesia selasih biasa digunakan untuk menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menyehatkan jantung, mengobati batuk, menurunkan panas dan lain sebagainya.

     Selasih ternyata juga digunakan dalam pembuatan parfum, shampoo, dan aroma terapi. Ini dikarenakan selasih dapat mengeluarkan minyak atsiri atau yang dikenal dengan nama basil oil. Basil oil inilah yang nanti digunakan dalam pembuatan parfum, shampoo, dan aroma terapi tersebut.

sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar