Rabu, 27 November 2013

Asal Usul Sejarah SPBU


Pada saat kendaraan dengan mesin menggunakan gasoline mulai beredar, banyak pengendara yang mulai gencar mencari bahan bakar ini. Dulunya sebelum ada stasiun pengisian bahan bakar, para pengendara biasa membeli bahan bakar di toko serba ada atau toko besi yang menjual bahan bakar dan pelumas.  Ide untuk pembuatan stasiun bahan bakar ini tercetus pada tahun 1907. John Mc Clean seorang manajer penjualan standar oil co (california) di seattle yang mengemukakan ide ini. Standar Oil Co adalah perusahaan yang kelak bernama Chevron.

John Mc Clean memiliki ide untuk memasang tangki berkapasitas 30 galon lalu menyambungkannya dengan selang untuk mengalirkan gasoline yang akan dijual kepada pembeli. Dengan dilengkapi atap dari kanvas, jalur kendaraan serta meteran untuk mengetahui jumlah bahan bakar yang dijual maka jadilah sebuah SPBU pertama di dunia. Sebenarnya kehadiran SPBu ini awalnya ditentang oleh pemerintah setempat karena takut akan bahaya kebakaran. Tapi karena minat masyarakat dalam menggunakan yang besar sehingga SPBU ini tetap dijalankan.


Sekarang SPBU bukanlah lagi hanya sekedar tempat untuk pengisian bahan bakar. Di Indonesia saja di area SPBU terkadang ada sebuah mini market ataupun Fast food. Di SPBU juga kita dapat layanin seperti penambahan angin ban kendaraan ataupun air radiator. Bahkan diluar negeri SPBU nya sudah menggunakan fast pay menggunakan kartu dan setiap pengendara dapat mengisi bahan bakarnya sendiri. 

0 komentar:

Posting Komentar