Kamis, 05 Desember 2013

Pembalap Yamaha Indonesia Berlatih Di Jepang



Industri otomotif merupakan salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia. Indonesia pun memiliki banyak pembalap-pembalap berbakat , bahkan sudah banyak yang sampai ke tingkat dunia. salah satu pabrikan motor terbesar Indonesia, yaitu yamaha, sangat konsen terhadap perkembangan para pembalap Indonesia. Bahkan para pembalap ini dilatih di jepang untuk mengembangkan skill, berikut beritanya.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah mengembangkan skill pebalap-pebalap muda. Tahun ini, 10 pebalap terbaik gemblengan Yamaha Riding Academy (YRA) bakal diberi pelatihan tambahan dalam dua tahap, yaitu berlatih di Sentul dan diajak ke Sirkuit Sugo, Jepang, demi memperkaya pengalaman.

Fokus lanjutan YIMM tersebut untuk mempertahankan segmen sepeda motor sport yang saat ini masih leading. Pada 23-25 Oktober lalu, ke-10 pebalap sudah menjalani latihan tahap kedua, fokus naik sepeda motor kelas supersport 600cc, mirip Moto2 di seri balap premier dunia.

Pelajaran utama, adaptasi pada suhu ekstrem, karena Jepang sedang dilanda musim dingin. Tentu, suhu udara dan lintasan mewajibkan pebalap mengubah gaya berkendara. Kondisi ini sama dengan yang dialami sirkus MotoGP yang selalu berpindah benua, dari cuaca panas sampai dingin ekstrem.

Yoshiyaki Kato, instruktur, memberikan pelajaran beragam di sirkuit sepanjang 3,7 km itu, di antaranya, penyesuaian handling pada suhu dingin, memilih ban yang tepat, hingga bernapas, dan membuang udara untuk menghindari kaca helm berembun.

”Di hari pertama, ada yang tangannya kram. Di sirkuit dengan lay out yang terbilang ekstrem, para pebalap juga diajarkan cara memperlakukan YZF-R6 saat masuk dan keluar tikungan. Teknik pengereman dan buka tutup gas jadi kunci juga,” kata Supriyanto, Manajer Motorsport YIMM, dalam siaran persnya.

Pelaksanaan YRA 2013 yang diikuti 10 pebalap ini disebut YRA Gold. Tahun depan YRA masih berlanjut, yaitu melatih pebalap di kelas YRA Basic/ Novice Rider yang menggunakan sepeda motor underbone dan YRA Bronze/ Expert Rider dengan sepeda motor sport.

M Abidin, GM Technical Service PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan, selepas latihan di Sugo, 10 pebalap mengikuti uji fisik melalui balapan Suzuka Endurance 4 Hours. ”Kami akan pilih empat terbaik untuk diuji fisik. Bukan cuma terbaik dari catatan waktu mereka di YRA, tapi terbaik juga pada kekuatan fisiknya,” ujarnya.

10 pebalap peserta YRA 2013 :
1. Imanuel Pratna – Supersport Rider – Yamaha Indoprom RT
2. Sudarmono – Supersport Rider/Indoprix Rider  - Yamaha DS Motto
3. Sigit PD – Indoprix Rider – Yamaha Yonk Jaya
4. Florianus Roy – Indoprix Rider – Yamaha Yonk Jaya
5. Anggi Permana – Indoprix Rider – Yamaha Trijaya Jaya
6. M Zaki – Motoprix Rider – Yamaha Trijaya Jaya
7. Fitriansyah Kete – Indoprix Rider – Yamaha Tunggal Jaya
8. Rey Ratukore – Indoprix Rider – Yamaha Tunggal Jaya
9. Tammy Pratama – Motoprix Rider – Yamaha SND
10. Yoga Adi Pratama – Indoprix Rider – Yamaha Ridlatama

3 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya..
    semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Desain Mobil

    BalasHapus
  2. nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi

    kita semua :)
    keep update! mobil kuat



    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga

    kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Toyota kijang bekas

    BalasHapus
  3. Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Nissan Juke 2014

    BalasHapus