Senin, 08 Oktober 2012

5 Satuan Terbaik Elite TNI



     Di tengah keterbatasan sistem persenjataan, kemampuan pasukan elite TNI mendapat pengakuan dunia. Sesuai namanya, pasukan ini dipilih dari anggota pasukan terbaik. Dilatih keras dan dipersenjatai dengan peralatan terbaik.
     Personelnya mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Mereka mampu melaksanakan misi-misi terbatas yang tidak mampu dilakukan pasukan reguler. Dalam beroperasi, mereka biasanya ditugaskan dalam unit-unit kecil. Masuk jauh ke dalam daerah musuh sebagai pembuka serangan atau sabotase. 
     Belakangan saat aksi teror marak, mereka juga disiapkan dengan kemampuan antiteror, antisabotase dan pembebasan VIP di pesawat, bus atau kereta api. 
     Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, Korea Selatan, China dan lainnya, langganan berlatih dengan mereka. Sejumlah pujian pun dialamatkan pada pasukan elite TNI. Soal kemampuan perseorangan dan semangat tempur, TNI memang pantas menepuk dada.
     Berikut 5 satuan elite TNI dengan kemampuan terbaik.
1. Sat-81 Kopassus TNI AD
     Pasukan elite di tubuh Komando Pasukan Khusus TNI AD ini diakui sebagai pasukan terbaik ketiga di dunia, setelah Special Air Services (SAS) Inggris dan Sayeret Matkal. Anggotanya dipilih dari anggota satuan baret merah yang terbaik. Pasukan elite di dalam elite.
     Pasukan ini dibentuk 30 Juni 1982. Awalnya bernama Detasemen 81 (Den-81) Kopassandha dengan komandan pertama Mayor (Inf) Luhut Binsar Panjaitan dengan wakil Kapten (Inf) Prabowo Subianto.
     Pembentukannya tak lepas dari kasus pembajakan pesawat DC-9 Garuda di Woyla, Thailand tanggal 31 Maret 1981. Namanya sempat berubah menjadi Satuan 81 Penanggulangan Teror (Sat-81 Gultor). Lalu sempat juga menjadi Grup 5 antiteror, saat Prabowo menjadi Danjen Kopassus.
     Tahun 1996, nama Kopassus kembali mencuat setelah berhasil membebaskan sandera Organisasi Papua Merdeka (OPM). Beberapa peneliti asing diselamatkan setelah disandera berbulan-bulan di belantara Papua.

2. Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL

     Satuan elite TNI Angkatan Laut ini memiliki spesifikasi untuk mengatasi sabotase di laut. Mereka jagoan membebaskan sandera dalam kapal, mengatasi pembajakan kapal laut, sampai menyusup ke perairan musuh untuk merebut obyek tertentu.
     Denjaka dibentuk 13 November 1984. Sebenarnya TNI AL juga mempunyai satuan elite lain, Komando Pasukan Katak (Kopaska). 
     Soal persenjataan, personelnya dibekali peralatan terbaik. Antara lain submachine gun MP5, Daewoo K7, senapan serbu G36, HK416, serta pistol Beretta dan SIG Sauer 9 mm.
     Walau berspesifikasi laut, Personel Denjaka juga mampu bertempur di darat dan melakukan infiltrasi lewat udara.

3. Detasemen Bravo 90 TNI AU

     Dibanding dua kakaknya di Sat-81 TNI AD dan Denjaka TNI AL, Bravo bisa disebut anak bungsu. Den Bravo 90 dibentuk tahun 1990 di Markas Korps Pasukan Khas TNI AU, Margahayu Bandung. Karena lahir di tubuh TNI AU, pasukan ini memiliki spesialisasi antiteror udara.
     Tak cuma itu, Bravo-90 juga melengkapi personelnya dengan beragam kualifikasi khusus tempur lanjut. Mulai dari combat free fall, scuba diving, pendaki serbu, teknik terjun HALO (High Altitude Low Opening) atau HAHO (High Altitude High Opening), para lanjut tempur, pertempuran jarak dekat dan antiteror.
     Pasukan Bravo diseleksi dari anggota Korps Pasukan Khas TNI AU yang telah menyelesaikan pendidikan terjun dan komando. Hanya mereka yang lulusan terbaik bisa bergabung.

4. Batalyon Raiders TNI AD

     Adalah Kepala Staf TNI AD Jenderal Ryamizard Ryacudu yang punya ide membentuk pasukan elite di seluruh Komando Daerah Militer (Kodam). Maka Ryamizard meningkatkan kualifikasi 10 pasukan infanteri reguler menjadi Raiders. Sebagian personel Raiders dilatih kemampuan antiteror di Pusdik Passsus milik Kopassus.
     Pasukan ini memiliki kemampuan sebagai pasukan anti-teroris untuk pertempuran jarak dekat, lawan gerilya dengan mobilitas tinggi dan melakukan pertempuran-pertempuran berlanjut. Kemampuannya tiga kali pasukan infanteri biasa.
     Tiap-tiap batalyon ini dilatih untuk memiliki kemampuan tempur tiga kali lipat batalyon infanteri biasa. Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan dan mobil udara, seperti terjun dari helikopter.
     Pasukan elite ini diresmikan Jenderal Ryamizard tanggal 22 Desember 2003. Mungkin karena Raiders, Indonesia bisa mendapat predikat negara yang memiliki pasukan elite terbanyak.

5. Peleton Intai Tempur Kostrad

     Peleton Intai Tempur (Tontaipur) adalah satuan elite Kostrad. Jumlahnya tidak banyak, hanya sekitar 100 orang yang dibagi dalam dua peleton. Dilatih keras untuk misi-misi sulit.
     Tim ini punya ciri khas menggunakan senapan AK (Avtomat Kalashnikov), untuk perwiranya dibekali senapan Baby AK yang lebih pendek dan biasa digunakan pasukan elite Rusia Spetnaz.
     Personel Tontaipur jago menyusup lewat darat, laut maupun udara. Mereka bisa bertahan dalam air berjam-jam hanya berbekal buluh bambu.

TIKET PESAWAT PROMO DAN TERMURAH INDONESIAKLIK DISINI 
DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL TERMURAH SEINDONESIA KLIK DISINI 
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI 
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar