Senin, 20 Agustus 2012

Tips Hadapi Mogok Ketika Mudik



     Ketika akan melakukan mudik memang sebaiknya anda menyiapkan kendaraan anda agar fit untuk melintas dijalan. Apalagi jika rute yang anda tempuh itu jauh, misalnya saja antar kota atau antar provinsi yang tentunya sangat berbahaya jika kondisi kendaraan anda tidak prima. Hal yang biasa terjadi menimpa kendaraan ketika diperjalanan adalah mogok. Mogok memang menjengkelkan apalagi jika anda orang yang tidak mengerti mesin sama sekali. Untuk itu sebaiknya para pengendara sebaiknya mulai belajar untuk mengenal cara kerja mesin mobilnya sehingga dapat melakukan pengecekan sendiri ketika terjadi masalah dengan mesin kendaraan.

Adapun langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menghadapi kendaraan yang mogok adalah:

- Ketika mobil anda mogok, usahakan anda tetap tenang dan tidak panik. Kemudian putarlah kunci kontak ke posisi off

- Nyalakan lampu hazard sebagai tanda bagi pengendara di belakang. Lampu hazard ini akan memberi tahu pengendara lain bahwa kendaraan anda sedang bermasalah.

- Berusahalah menepi dengan cara didorong dan pasang segitiga pengaman sebagai tanda pada jarak 5 meter.
Seandainya kendaraan anda mogok pada saat lalu lintas tidak macet, langkah pertama adalah menyalakan lampu sign untuk menepi. Pastikan saat minggir, kondisi dibelakang aman. Lalu pasang segitiga pengaman tadi.

- Turunkan semua penumpang dan ungsikan mereka ke tempat yang aman. Tidak dianjurkan berdiri didekat mobil, untuk mengantisipasi kemungkinan adanya mobil melaju kencang dari belakang.

- Mobil mogok biasanya dipicu oleh 3 hal, yakni system kelistrikan pada aki tidak bekerja dengan normal, system saluran bahan bakar macet atau mampet, atau suhu mesin meninggi akibat air pada radiator kering.

- Kontak bengkel resmi jika masalah tidak dapat anda atasi sendiri, atau carilah informasi atau posko mudik terdekat.

- Ingat, berhati-hatilah terhadap tawaran yang diberikan oleh orang yang tak dikenal karena bisa saja itu merupakan jebakan.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

Sumber: kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar