Kamis, 23 Agustus 2012

Museum Mumi di Hunan Cina



     Mumi merupakan sebuah mayat makhluk hidup yang diawetkan. Teknik pengawetan ini memang sudah terkenal sejak zaman mesir kuno. Cara pengawetan mumi biasanya dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa menggunakan bahan kimia, didinginkan atau disimpan ditempat kering dan kedap udara. Pada zaman mesir kuno, mumi akan dibalsem untuk tujuan pengawetan. Mumi juga ada yang terjadi karena proses alami, seperti terjadi di cina beberapa waktu lalu ditemukan mumi dari peti mati Spires yang tenggelam dengan menggunakan tanaman obat-obatan.

     Salah satu cara untuk anda bisa melihat mumi adalah dengan pergi ke museum yang memiliki koleksi mumi. Salah satu tempat yang dapat dijadikan tempat untuk melihat mumi adalah museum yang berada di provinsi Hunan Cina. Museum ini didirikan kira-kira setengah abad yang lalu atau tepatnya pada tahun 1956. Untuk bisa melihat koleksi mumi di museum ini, maka setiap pengunjung diharapkan membeli tiket masuk. Aturan ini mulai diberlakukan sejak 2008.

     Museum mumi hunan pada maret 2009, sudah dikunjungi hampir 1,6 juta pengunjung. Di museum ini, sebuah mumi wanita bernama Xin Zhui yang merupakan istri Han Marquis disimpan. Mumi tersebut diperkirakan meninggal antara tahun 178 hingga 145 sebelum masehi. Mumi Xin Zhui atau yang disebut Lady dai pertama kali ditemukan oleh para pekerja di cina pada tahun 1971. Saat itu, para pekerja sedang melakukan penggalian untuk membuat tempat perlindungan dari serangan udara dekat kota Changsa. Selain mumi lady dai, para pekerja juga menemukan makam dinasti Han yang berisi lebih dari 1.000 artefak.

     Misteri dari mumi yang disimpan di museum hunan hingga kini belum terpecahkan. Para ilmuwan percaya jika tubuh mumi tersebut luar biasa karena terdapat 22 gaun sutra dan rami. Selain itu ada Sembilan pita sutera yang mengikat mayat tersebut. Pendapat ilmuwan lainnya mengatakan jika kunci nyata untuk konservasi terletak pada cairan merah misterius yang juga ditemukan dalam peti mati.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI


Sumber: www.uniknya.com

0 komentar:

Posting Komentar