Senin, 20 Agustus 2012

Peringatan Titik Kulminasi Matahari Pasaman



     Titik Kulminasi matahari merupakan salah satu fenomena unik dimana pada saat itu matahari persis berada sejajar di atas kepala, sehingga setiap benda yang ditancapkan lurus tidak kelihatan bayang-bayangnya. Titik kulminasi matahari ini yang hanya dapat disaksikan di tiga kota di Indonesia, yaitu di kabupaten Pasaman Sumatera Barat dan di Pontianak Kalimantan Barat, serta di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau yang dilintasi garis Khatulistiwa. Karena langkanya fenomena ini, maka pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mulai merancang berbagai acara wisata untuk menyambut Titik Kulminasi Matahari ini.

     Peringatan Titik Kulminasi Matahari ini akan dilaksanakan selama satu minggu dengan kegiatan seperti bazaar, atraksi kesenian dan kebudayaan Minang Kabau serta kesenian asli Pasaman. Selain itu pada peringatan Titik Kulminasi Matahari ini juga akan dimeriahkan oleh sejumlah grup band, termasuk band papan atas Indonesia.

     Kepala Bidang Pariwisata Pasaman mengatakan bahwa peringatan Titik Kulminasi Matahari yang akan digelar dikecamatan Imam Bonjol akan menjadi agenda tahunan Kabupaten Pasaman dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik mancanegara maupun domestik.

     Didaerah Pasaman, peringatan Titik Kulminasi Matahari hanya terjadi selama dua kali dalam setahun, Yakni pada maret dan September yang bisa langsung disaksikan didaerah Pasaman.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar