Jumat, 27 Juli 2012

Nikmatnya Sambal Tempoyak


     Udah ada yang tahu dengan tempoyak? Tempoyak merupakan salah satu makanan yang dibuat dari olahan durian. Di daerah saya di Kalimantan tempoyak ini cukup disenangi dan biasanya diolah untuk dibuat sambal. Tempoyak memang cukup terkenal di daerah Palembang dan Kalimantan serta Malaysia. Tempoyak memiliki rasa yang asam dan aroma yang khas. Karena rasanya yang asam tempoyak jarang dinikmati secara langsung tetapi lebih enak jika diolah menjadi sambal tempoyak.

     Untuk membuat tempoyak pertama-tama adalah menyiapkan daging buah durian. Durian yang dipilih diusahakan yang sudah benar-benar matang yang biasanya ditandai dengan Nampak berair. Kemudian daging buah durian dipisahkan dari bijinya. Tambahkan garam pada daging durian. Setelah selesai, lalu ditambah dengan cabe rawit yang bisa mempercepat proses fermentasi. Namun fermentasi tidak bisa terlalu lama karena akan mempengaruhi rasa akhir.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Setelah proses diatas selesai, adonan disimpan dalam tempat yang tertutup rapat. Diusahakan untuk disimpan dalam suhu ruangan. Bisa juga dimasukkan di kulkas tetapi jangan didaerah freezer. Namun jika disimpan di kulkas fermentasi akan berjalan lebih lambat.

     Tempoyak yang berumur 3-5 hari cocok untuk dibuat sambal karena sudah asam namun masih ada rasa manisnya. Sambal tempoyak biasanya dipadukan dengan ikan teri, ikan mas, ikan mujair ataupun ikan-ikan lainnya.

     Gimana tidak sulit kan buatnya. Saran saya harap dicoba bagi yang belum pernah merasakan. Karena rasa tempoyak ini cukup unik dan enak. Apalagi dibuat sambal pasti menambah nafsu selera makan. Apalagi buah durian juga ada dimana-mana sehingga tidak sulit menemukannya.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar