Minggu, 15 Juli 2012

Hewan dengan Otak Terbesar

     Apakah anda tahu hewan yang memiliki otak terbesar didunia saat ini? Ternyata otak terbesar ini juga dimiliki oleh hewan terbesar didaratan yaitu gajah. Ya sesuai lah dengan tubuhnya yang besar. Besarnya otak gajah ini juga merupakan alasan  banyak orang menganggap gajah hewan yang pintar. Bayangkan saja ada gajah yang bisa melukis dan ada juga yang bisa memainkan harmonica, menakjubkan bukan. Gajah juga bisa dilatih untuk berbagai keperluan seperti alat transportasi maupun untuk ajang pertunjukkan. Kalau pernah melihat sirkus biasanya atraksi gajah juga ada dialam pertunjukkan sirkus.

     Selain pintar gajah juga memiliki rasa social yang sangat tinggi, ini dibuktikan dengan rasa berduka gajah ketika melihat ada gajah lain yang mati. Hmm, ternyata hewan raksasa ini penyayang juga terhadap sesama. Secara garis besar ada dua jenis gajah yang masih hidup hingga sekarang (walaupun banyak jenis lain yang merupakan turunannya) yaitu gajah asia dan gajah afrika. Berikut kira-kira perbedaan kedua gajah ini:

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

Gajah Afrika

     Gajah afrika merupakan hewan darat terbesar didunia, dengan jantan memiliki tinggi 10 kaki (3,2 meter) hingga 13 kaki (4 meter) dan berat sekitar 3.500 kilogram hingga 12.000 kilogram. Sedangkan betinanya lebih kecil dengan tinggi sekitar 9,8 kaki (3 meter). Gajah ini dapat ditemui di padang rumput terbuka, semak samun, dengan tasik dan lopak. Gajah afrika ditemui lebih banyak di zona savanna selatan dan sahara. Terdapat dua subspecies gajah afrika yaitu gajah savanna afrika dan gajah hutan afrika.

Gajah Asia

     Gajah asia berbeda daripada gajah afrika dari segi telinganya yang sedikit lebih kecil dan mempunyai dahi yang rata serta memiliki dua bongo dikepalanya yang merupakan puncak tertinggi gajah asia. Berbeda dengan gajah afrika yang hanya memiliki satu bonggol dikepalanya. Selain itu, ujung belalai gajah asia hanya memiliki satu bibir sedangkan gajah afrika memiliki dua bibir. Bagi gajah asia Hanya gajah jantan yang memiliki gading yang jelas kelihatan sedangkan bagi gajah afrika baik jantan maupun betina memiliki gading yang kelihatan. Beberapa spesies gajah asia antara lain gajah srilanka, gajah india, gajah sumatera dan gajah Malaysia.

Sumber: wikipedia

1 komentar:

  1. Bukannya otak terbesar dimiliki oleh paus, maaf kalo salah

    BalasHapus