Kamis, 19 Juli 2012

Atasi Banjir Dengan Biopori


     Masalah banjir merupakan masalah yang umum terjadi dibeberapa tempat, contohnya saja Jakarta yang setiap tahun selalu dilanda banjir. Ada banyak faktor terjadinya banjir seperti gundulnya hutan atau tidak ada tempat penyerapan air. Tidak ada penyerapan air ini biasanya dikarenakan suatu daerah yang sudah padat akan bangunan sehingga luas tanah sebagai media penyerapan air semakin kecil. Untuk itu diperlukan perencanaan yang baik dalam membangun sebuah tata kota sehingga dapat terhindar dari banjir.

     Ada banyak cara juga tentunya untuk mengatasi banjir, seperti tidak menebang pohon sembarangan atau tidak membuang sampah selain pada tempatnya. Tapi apakah anda sudah tahu dengan Biopori. Biopori adalah lubang-lubang dalam tanah yang  berfungsi sebagai media penyerapan air kedalam tanah. Jadi ketika hujan, air hujan akan masuk terserap didalam lubang-lubang ini. Dengan menggunakan Biopori ini tidak saja untuk menghindari banjir tetapi juga dapat meningkatkan kadar air tanah.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

    Sebagai contoh, cobalah anda buat lubang secara vertikal kedalam tanah. Kemudian lubang-lubang tersebut diisi dengan bahan-bahan organik seperti sampah-sampah rumah tangga, potongan rumput atau vegetasi lainnya. Bahan organik ini kelak akan dijadikan bahan penyerap air.  Selain sebagai media penyerap air, kelak bahan-bahan ini juga akan dapat menyuburkan tanah seperti layaknya pupuk organik sehingga dapat menjadi sumber energy bagi organisme dalam tanah.

     Jika punya waktu luang tidak ada salahnya membuat biopori ini disekitar rumah anda. Lumayan kan buat mencegah banjir dan dapat menyuburkan tanah juga.

Sumber:  www.biopori.com

0 komentar:

Posting Komentar