Kamis, 19 Juli 2012

Tanaman Padi Tanpa air


     Padi atau beras merupakan bahan makanan pokok bagi rakyat Indonesia. Bahkan menurut survey, Negara Indonesia merupakan pengkonsumsi beras terbesar didunia. Karena itu keberadaan padi atau beras sangatlah dibutuhkan bagi masyarakat kita. Seperti yang sering kita lihat bahwa daerah sawah tempat penanaman padi pastilah tergenang oleh air. Masalah air ini ternyata cukup besar karena ada beberapa daerah yang sulit untuk mendapatkan air sehingga sering membuat petani padi gagal panen. Untunglah sekarang sudah ditemukan tanaman padi yang tidak membutuhkan banyak air, tetap membutuhkan air sih (namanya juga tanaman) tetapi hanya dalam kapasitas kecil jadi tidak perlu air sampai menggenang seperti sawah kebanyakan.

     Tanaman padi ini dikembangkan oleh para ilmuwan di International Rice Research Institute atau disingkat IRRI dan tanaman ini telah menyebar keberbagai Negara seperti Bangladesh, Kamboja, India, Laos, Nepal, Pakistan, dan Filipina. Awalnya para ilmuwan ini menanam genotype padi ini pada dua lahan yang terpisah dikantor IRRI Los Banos, Filipina. Kedua lahan tersebut memiliki tingkat kesuburan tanah yang sama tetapi dibedakan dengan jumlah penerimaan airnya.

PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
PENGEN HP ANDROID MURAH KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Ilmuwan IRRI mampu mengidentifikasi 26 genotipe padi yang diberi nama padi aerobik. Hingga saat ini sudah ditemukan padi aerobik jenis kedua yang menunjukkan hasil lebih baik daripada generasi pertama. Padi aerobik pertama memang toleran terhadap air, tetapi menunjukkan adanya penurunan tinggi tanaman dan hasil gabah. Padi aerobik kedua memiliki strategi lebih baik dalam mengatasi kekurangan air dan dapat menjamin keamanan pangan beras didaerah tropis.

     Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Crop Science. Jika tanaman padi ini sukses diharapkan tidak ada lagi masalah kelaparan karena kurang tersedianya beras di beberapa wilayah tertentu, khususnya daerah yang kekurangan air.

     Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah memiliki jenis tanaman padi yang tidak memerlukan banyak air yaitu padi Gogo. Penanamannya tanpa penggenangan dan ditanam dilahan kering dengan mengandalkan air hujan.

Sumber:  m.detik.com 

0 komentar:

Posting Komentar