Jumat, 14 Desember 2012

Inilah Motor Injeksi Paling Irit 2012



     Varian Motor Injeksi Indonesia memang sudah banyak beredar. Motor injeksi memang diklaim lebih irit daripada motor konvensional yang menggunakan karburator. Tapi diantara banyaknya motor injeksi ini, kira-kira mana ya yang paling irit. Jika ingin lebih tahu lanjut, silahkan baca artikelnya.
      Ajang pemilihan Indonesia Motorcycle of The Year (IMOTY) 2012 telah diumumkan beberapa waktu lalu. Sungguh diluar dugaan, beberapa merek yang tak diyakinkan menang, justru meraih predikat bergengsi tersebut.
     Menurut panitia IMOTY 2012, uji coba yang dilakukan memang berbeda dari uji pabrik, karena waktu pengujiannya terhitung singkat. Tapi hasilnya mencerminkan semua yang dimiliki oleh sebuah motor. Salah satu prosesnya adalah menguji lewat pengendaraan seperti saat motor digunakan.
     Selain penilaian oleh juri, panitia juga melakukan pengukuran yang bersifat obyektif, yaitu kemampuan motor berakselerasi, kualitas pengereman, dan konsumsi bahan bakarnya.
     Para juri IMOTY ditugaskan untuk mengendarai setiap motor dengan jarak tempuh tertentu, melewati berbagai medan, seperti jalan lurus, tanjakan, hingga simulasi stop and go untuk merasakan kondisi saat berada di kemacetan lalu lintas. Selain variasi medan, motor pun dikendarai dalam berbagai kecepatan.
     Kategori motor paling irit adalah salah satu yang diuji oleh para juri. Untuk itu dilakukan uji konsumsi bensin. Tim ini sengaja dilatih dan dipisahkan dengan uji orientasi agar pengukuran berjalan lebih baik.
     Saat pengujian konsumsi bensin, motor dikendarai secara halus, tidak dilakukan manuver berat atau berakselerasi secara cepat. Pengujian dengan kecepatan tertentu dengan gaya pengendaraan sama seperti pengguna motor pada umumnya.
     IMOTY dari yang pertama hingga saat ini menggunakan penilaian yang sama, hanya caranya yang terus disempurnakan. Penilaian per kategori mudah dilakukan karena semua setara. Tapi bagaimana menyandingkan sebuah suktik dengan sebuah motor sport yang jelas-jelas bukan padanannya?
     Untuk itu dilakukan penilaian berdasarkan patokan (benchmark) dari hasil uji motor sejenis sebelumnya. Misalnya konsumsi bensin skutik. Dari puluhan skutik yang pernah diuji sebelumnya diperoleh angka rata-rata 40km/liter.
      Dari hasil pengujian ini, dihasilkan dua merek sepeda motor yang sama-sama mengaplikasi mesin injeksi, yakni Yamaha Soul GT dan Honda Supra X 125 Helm-In. Oleh IMOTY 2012, kedua merek sepeda motor tersebut dinobatkan sebagai The Best Fuel Consumption.
      Soul GT adalah keluarga baru motor matik, 125cc berteknologi Fuel Injection yang diproduksi Yamaha. Sedangkan Honda Supra X 125 Helm-In, adalah motor cub yang sejak dulu dikenal sebagai motor cub yang paling irit. Honda Supra X 125 Helm-In juga menggunakan teknologi PGM-FI dari Honda.

TIKET PESAWAT PROMO DAN TERMURAH INDONESIAKLIK DISINI 
DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL TERMURAH SEINDONESIA KLIK DISINI 
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI 
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI 
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar