Senin, 01 Oktober 2012

Inilah Penyebab Kecelakaan Pesawat Akrobatik Indonesia



     Beberapa hari yang lalu terjadi hal yang kurang menyenangkan bagi penerbangan Indonesia. Yaitu adanya kecelakaan pesawat akrobatik yang akhirnya menimbulkan korban jiwa. Pesawat akrobatik memang harus dipiloti oleh pilot yang handal karena aksi berbahaya yang ditampilkan. Sebenarnya apa sih penyebab kecelakaan pesawat akrobatik ini.
     Penyebab jatuhnya pesawat Bravo AS-202 yang menewaskan satu pilot Marsekal Pertama TNI AU (Purn) Norman Lubis (69) (sebelumnya ditulis Noorman) dan co-pilot Letkol TNI AU (Purn) Toni Hartono (37), hingga kini masih dalam penyelidikan.
     Namun, ada beberapa sebab yang dimungkinkan menjadi faktor jatuhnya pesawat yang tengah beratraksi di Bandung Air Show (BAS) di Komplek Litbang TNI AU Husen Sastranegara, Bandung, Siang tadi, Sabtu (29/9/2012).

     Direktur Bandung Pilot Academic (BPA) M Nasrun Natsir mengatakan, atraksi pesawat di udara atau aerobatik memang penuh resiko. "Penyebab terjadinya resiko bisa faktor media (pesawatnya), mesin, manusia, manajemen (perawatan)," kata Nasrun, menganalisis sebab-sebab jatuhnya pesawat aerobatik.
     Namun, dia enggan berandai-andai penyebab pasti jatuhnya Bravo AS-202 siang tadi. Menurutnya, bisa saja disebabkan berbagai faktor. Sedangkan faktor cuaca, menurutnya, siang tadi cuaca cerah dan cocok untuk dilaksanakan aerobatik. 
     Kata dia, Bravo AS-202 merupakan pesawat latih yang dioperasikan FASI dari hibah TNI AU pada 2001 lalu. Pesawat ini buatan Swiss tahun 1980. Saat ini, pesawat tersebut dirawat oleh Norman.
     Namun dalam melakukan aerobatik diperlukan banyak latihan. "Dalam aerobatik badan dan mesin sudah jadi satu. Yang penting latihan," tandasnya.  
     Selain itu, pilot juga harus mampu menguasai karakteristik pesawat yang akan dilakukan aerobatik. Menurutnya, setiap jenis pesawat memiliki karakter tersendiri yang harus dipahami pilot.

TIKET PESAWAT PROMO DAN TERMURAH INDONESIAKLIK DISINI 
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI 
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI 
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar