Selasa, 25 September 2012

Tips Buat Dapur Bersinar



     Dapur sebagai tempat mengolah makanan memang menjadi tempat yang paling sering terkena noda. Noda ini pun bermacam-macam, ada yang mudah dibersihkan tetapi ada juga yang sulit untuk dibersihkan. Karena itu butuh sedikit trik khusus dalam merawat dapur agar selalu terlihat bersinar
     Sampah dan peralatan kotor. Itu yang sering kita hadapi saat mengakhiri kerja di dapur. Acapkali kita tak punya cukup kesabaran untuk membersihkan peralatan dapur sebersih-bersihnya. Alhasil, noda-noda akan berakumulasi semakin banyak yang membuat penampilan alat-alat dapur menjadi kumuh. Berikut beberapa tips seputar membersihkan peralatan dapur dari noda, utamanya dari air dan telur yang biasanya membandel:
* Jangan gunakan air panas untuk membersihkan sisa telur atau susu pada panci. Mengapa? Air panas bisa 'memasak' bahan-bahan ini dan malah membuatnya menempel pada panci. Jalan keluarnya, lebih baik Anda mencuci dengan air keran yang dingin sebelum digosok dengan sabun.
* Permukaan lantai atau apapun yang terkena telur pecah akan ternoda. Sebab, putih telur dalam waktu singkat akan menempel pada permukaan tersebut. Untuk mempermudah membersihkannya, segera taburkan garam di atasnya, tinggalkan beberapa menit. Garam yang ditaburkan itu akan memperkeras telur dan mempermudah kita untuk membersihkannya.
* Penampilan panci aluminium akan berantakan begitu banyak noda yang menempel. Air seringkali menyebabkan panci atau teko aluminium dipenuhi warna putih. Noda ini bisa dibersihkan dengan merebus tomat di dalamnya.
* Nah, bagaimana untuk mencegah noda putih dari air pada panci setelah memasak puding, telur, dan lain-lain? Anda bisa membubuhkan sedikit cuka pada air saat mencucinya.

0 komentar:

Posting Komentar