Kamis, 24 Mei 2012

Mengenal Semi Konduktor


     Mungkin kata semikonduktor terasa asing bagi orang awam. Tapi bagi orang teknik semikonduktor merupakan suatu barang penting dalam dunia elektronik. sekarang ini semikonduktor memegang peranan fungsi penting pada barang- barang elektronik seperti computer, laptop, solar cell, dan lain-lain. Pada computer dan sejenisnya semikonduktor digunakan dalam menciptakan prosesor yang merupakan otak dari computer tersebut.

     Semikonduktor adalah sebuah bahan dengan konduktivitas listrik (kemampuan mengalirkan arus listrik) yang berada diantara Insulator dan konduktor. Konduktor adalah bahan yang baik dalam menghantarkan arus listrik sedangkan insulator merupakan bahan yang tidak bisa mengalirkan arus listrik. Karena itu semikonduktor disebut juga sebagai bahan setengah penghantar listrik. Semikonduktor akan bersifat sebagai Insulator pada temperature yang sangat rendah, namun pada temperature ruangan Semikonduktor akan bersifat sebagai konduktor.

     Semikonduktor sangat berguna dalam bidang elektronik karena sifat konduktansinya yang dapat diubah-ubah dengan menyuntikan materi lain (biasa disebut pendonor electron).  Bahan Semikonduktor yang sering digunakan adalah silicon, germanium, dan gllium arsenide.
 
Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar