Rabu, 23 Mei 2012

Sejarah Kipas Angin


     Udara panas dirumah, ayo ademkan badan dengan menyalakan kipas angin. Pada saat cuaca panas kipas angin memang selalu dijadikan andalan untuk menyegarkan badan. Sesuai namanya kipas angin berfungsi untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Kipas angin secara umum dibagi atas kipas angin tradisional antara lain kipas angin tangan dan kipas angin listrik yang digerakkan menggunakan tenaga listrik.

     Ternyata kipas angin telah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan digunakan oleh beberapa Negara didunia seperti bangsa mesir, yunani, roma, dan cina. Kipas angin pertama ditemukan 4000 tahun yang lalu pada sebuah makam raja mesir yaitu Raja Tutankhamen yang digali tahun 1922. Fungsi kipas pada saat itu adalah sebagai alat upacara keagamaan, sehingga sebuah kipas angin juga merupakan lambing kekuasaan raja.

     Perkembangan kipas angin juga berlanjut di eropa. Negara pertama di eropa yang memproduksi kipas angin adalah italia pada tahun 1500. Pada masa itu kipas angin merupakan komoditas perdagangan yang eksotik dan sangat stylish. Kipas angin sendiri dipandang sebagai symbol kemakmuran dan kelas sosial seseorang. Terjadi pergeseran fungsi kipas pada abad ke 20. Pada masa itu kipas angin sudah tidak lagi sebagai sebuah aksesori fashion namun menjadi alat periklanan. Sedangkan di spanyol, kipas angin menjadi alat untuk mendinginkan udara karena spanyol memiliki iklim yang panas.

     Kipas angin listrik pertama kali ditemukan pada tahun 1882 oleh Schuyler Skaats Wheeler. Wheeler pertama kali memperkenalkan kipas angin listrik dengan dua buah baling-baling, tanpa ada pelindung apapun dan digerakkan dengan tenaga motor listrik. Perkembangan kipas angin listrik lebih lanjut dikembangkan oleh Philip H. Diehl yang dipatenkan pada tahun 1887. Diehl memperkenalkan kipas angin yang menempel pada langit-langit rumah.

     Ternyata panjang sekali perjalanan kipas angin. Dari masih yang tradisional hingga serba elektronik seperti sekarang membutuhkan pengembangan yang sangat lama. Semoga bermanfaat.

Sumber: wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar