Jumat, 23 November 2012

Alasan Rasa Ngantuk Setelah Makan Banyak



     Anda punya kebiasaan ngantuk setelah makan banyak. Mungkin banyak orang mengatakan bahwa ini merupakan sikap malas. Tetapi sebenarnya ada alasan kenapa orang mudah mengantuk  setelah makan, apalagi jika makan dalam porsi yang banyak.
    Kalori seharusnya memberikan energi, tetapi setelah makan banyak kenapa kita malah mengantuk? Ternyata, karbohidrat, makanan berlemak dan mengandung gula tinggi adalah penyebab dari fenomena itu.
     Seperti yang dilansir Huffington Post (22/11), jenis makanan yang mengandung lemak, gula, dan karbohidrat paling banyak memberikan perubahan hormon dalam tubuh. Sebab ketiganya memicu respon saraf dengan cepat saat makanan mencapai usus halus, demikian menurut para ahli dari Scientific American.
     Respon yang diterima saraf parasimpatis itu kemudian memberi informasi pada tubuh untuk memperlambat gerak tubuh dan lebih fokus dalam mencerna makanan.
     Selain itu, sekelompok sel otak yang disebut dengan neuron orexin dalam hypothalamus juga sensitif terhadap glukosa. Kadar glukosa tersebut akan selalu meningkat drastis secara otomatis setelah seseorang makan banyak. Makanya, neuron akhirnya menghasilkan protein khusus, orexin, dalam jumlah besar.
     Kemudian, hormon insulin ikut meningkat setelah seseorang makan banyak. Hormon tersebut juga mempengaruhi produksi serotonin dan melatonin yang dihubungkan dengan pemicu rasa kantuk (serta kebahagiaan).
     Cara paling tepat mengurangi risiko mengantuk setelah makan banyak sebenarnya adalah dengan membatasi jumlah karbohidrat, lemak, dan gula yang dikonsumsi. Namun pada dasarnya fenomena ini tergolong normal dan bukan merupakan masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan.
     Tetapi satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai membiasakan diri makan banyak di malam hari sebelum tidur. Sebab dampaknya cukup mempengaruhi pola tidur Anda.
     "Jika Anda makan malam pukul sepuluh dan kemudian tidur, artinya Anda mematikan fungsi insulin yang membuat kadar gula darah naik turun. Dampaknya, Anda akan mudah terbangun di malam hari dan sulit untuk tidur dengan nyenyak," terang Dr Loren Greene dari New York University.
     Kesimpulannya, jangan makan terlalu malam agar tubuh punya cukup banyak waktu untuk mencerna makanan. Meskipun mengantuk setelah makan besar, tunggu beberapa jam jika Anda ingin tidur sehingga Anda bisa beristirahat dengan nyenyak.

TIKET PESAWAT PROMO DAN TERMURAH INDONESIAKLIK DISINI 
DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL TERMURAH SEINDONESIA KLIK DISINI 
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI 
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI 
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar