Selasa, 23 Oktober 2012

Tips Memelihara Kelinci



     Anda senang memelihara kelinci? Kelinci memang salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Selain itu kelinci juga bisa menjadi teman bermain anak anda. Untuk perawatan kelinci juga tidak terlalu sulit dan makanannya pun mudah didapat.  Namun sebelum memelihara kelinci, ada baiknya anda simak dulu bagaimana cara sederhana untuk merawatnya seperti yang dilansir dari Reader's Digest Asia berikut ini.

Memberi makan
1. Beri makan pada kelinci dua kali sehari dengan menggunakan wadah yang berat agar tidak terguling saat kelinci makan. Siapkan pula tempat minum untuk kelinci.
2. Jangan lupa memberi makan sayur pada kelinci. Misalnya wortel atau buah-buahan dalam jumlah kecil.
3. Jangan memberi makan kelinci dengan tunas kentang, rumput layu, bunga liar, atau tanaman lain yang disemprot dengan pestisida.

Rumah kelinci
1.           Kandang kelinci lebih baik diberi jerami dan dibersihkan setiap hari. Terutama bagian untuk tidur yang terlihat basah dan kotor. Sisa makanan dan wadah juga harus dibersihkan sebelum memberi makan lagi pada kelinci.
2.   Ada baiknya kandang dipisahkan antara tempat tidur, makan, dan toilet. Kemudian tingginya juga harus cukup agar telinga tidak sampai menabrak atap. Siapkan pula tempat bersembunyi untuk kelinci agar mereka merasa aman jika ketakutan.

Memegang kelinci
1.           Angkat kelinci dengan satu tangan di bawah bagian abdomen. Kemudian gunakan tangan yang lain untuk menopang pantatnya.
2.   Pegang dan angkat ke dada Anda agar telinga dan kepala kelinci dapat bersandar. Bergeraklah dengan pelan dan tidak membuatnya kaget. Jangan pernah mengangkat kelinci pada bagian telinga karena itu menyakitkan.

Aturan lain
1.           Bawa kelinci Anda ke dokter hewan untuk diperiksa secara rutin.
2.   Kelinci akan lebih bahagia jika berpasangan, jadi sebaiknya jangan memelihara satu ekor saja.
3.   Sekali-kali keluarkan kelinci dari kandang agar mereka bisa berlarian dengan bebas.
Itulah tips sederhana memelihara kelinci. Apakah Anda tertarik untuk memelihara hewan menggemaskan ini?

TIKET PESAWAT PROMO DAN TERMURAH INDONESIAKLIK DISINI
DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL TERMURAH SEINDONESIA KLIK DISINI 
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI 
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI 
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar