Rabu, 08 Agustus 2012

Rahasia Sehat Makan Sahur



     Bangun subuh untuk makan sahur kadang memang memberatkan bagi sebagian orang. Wajar sih mungkin yang biasanya tidur 7-8 jam diwaktu malam maka dalam bulan Ramadhan ini mesti dipangkas jadi sekitar 4-5 jam. Tapi tahukah anda ternyata ada rahasia positif dibalik makan sahur. Jadi makan sahur ini sebenarnya tidak hanya sebagai persiapan untuk puasa, tetapi memiliki sisi positif bagi kesehatan tubuh.

     Ternyata berdasarkan penelitian, bangun di sepertiga malam terakhir itu bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kita. Bahkan ini dapat menjadi pilar utama kesuksesan kita dalam menjalankan berbagai macam diet. sistem hormon akan berpindah pada tahap anabolik, yaitu konversi energi untuk perbaikan dan pertumbuhan.

     Pada tahap ini tingkat hormon adrenalin dan kortikosteroid turun dan tubuh mulai memproduksi hormon pertumbuhan (human growth hormone atau HGH), melatonin, juga hormon seks testosteron, hormon kesuburan, FSH (follicle-stimulating hormone dan hormon LH (luteinizing hormone). HGH mendorong pertumbuhan, memelihara dan memperbaiki otot dan tulang dengan memfasilitasi penggunaan asam amino. Sedangkan melatonin adalah hormon yang diproduksi untuk membantu manusia untuk tidur.

      Hormon ini disekresikan oleh kelenjar pineal jauh di dalam otak. Ini membantu tubuh mengontrol irama dan siklus tidur-bangun. Tetapi faktanya hormon-hormon baik tersebut semakin malam semakin turun produksinya dan akan berada pada titik terendah saat sepertiga malam terakhir. Sebaliknya, hormonstress yakni hormon kortisol justru meningkat produksinya dan yang bisa menghentikannya adalah kalau kita bangun.

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI

     Jadi dengan kita bangun makan sahur pada saat sepertiga malam terakhir otomatis akan menghentikan produksi kortisol dan sekaligus menjaga fungsi hormon-hormon baik selama kita tidur terutama di sepertiga malam kedua dapat bermanfaaat secara optimal. efek jahat hormon kortisol yang berlebihan antara lain: hilangnya massa otot; terurainya otot, tendon, ligament, karena digunakan untuk membentuk glukosa.

     Jadi sudah tahu kan ternyata bangun subuh ini sangat sehat sekali, selain mengoptimalkan fungsi hormone baik, tubuh juga menghentikan produksi hormone kortisol yang merugikan. Bangun subuh juga akan meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu keberhasilan diet. Jadi jangan malas bangun subuh untuk sahur, kalau bisa jadikan kebiasaan bangun subuh jadi kebiasaan sehari-hari, tetapi tentunya tidur mesti awal agar tubuh cukup tidur. 

Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar