Jumat, 10 Agustus 2012

Cincau Baik Buat Sakit Maag


     Hari yang panas memang sangat segar minumnya es cincau. Apalagi dibulan puasa ini pasti menyegarkan jika berbuka dengan es cincau. Cincau memang baik buat mengobati panas dalam sehingga pas jika disajikan pada saat cuaca panas. Ternyata selain buat panas dalam, cincau juga baik bagi penderita maag. Wah jadi kabar baik nih pada yang sering terkena penyakit maag. Apa saja sih manfaat cincau ini pada penyakit maag.

    Penyakit maag atau tukak lambung memang merepotkan, karena sering kambuh secara tiba-tiba. Kemunculan rasa nyeri ini diakibatkan oleh meningkatnya asam lambung. Penyakit maag biasanya berasal dari mengkonsumsi makanan yang telah tercemar bakteri atau kuman sehingga menimbulkan infeksi. Tetapi bisa juga ditandai dengan muntah darah (hematemensis) berwarna hitam karena pengaruh asam lambung.

     Beberapa tanaman biasanya digunakan oleh masyarakat untuk meredam penyakit maag ini. Dan salah satu tanaman yang digunakan adalah tanaman cincau. Berdasarkan penelitian, tanaman cincau ini mampu mencegah radang dan menurunkan produksi asam lambung. Tanaman cincau mengandung sejumlah senyawa flavonoid yang bersifat anti radang dan menurunkan kadar asam lambung.

     Di Indocina, daun dan akar tanaman cincau dijadikan obat tradisional untuk melancarkan air kencing (diuretic), gangguan lambung, dan penyakit demam. Masyarakat India memanfaatkan daunnya untuk pengobatan radang rematik, sakit perut atau mulas (kolik), dan gas dalam perut.  Daun cincau mengandung bahan kimia berupa senyawa aktif Premnazole dan Phenyl butazone.Premnazole (alkaloid isoxazol) dari hasil isolasi daun cincau sebagai senyawa antiradang yang bisa menurunkan pembentukan tumor pada jaringan granulasi yang menyerang butir-butir dalam protoplasma (granuloma). Phenyl butazone merupakan senyawa yang memiliki aktivitas sama dengan Premnazole dengan menurunkan kadar kelenjar adrenal dan asam askorbat (vitamin C).

PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
CARI MOBIL BEKAS KLIK DISINI
PASANG IKLAN PROPERTI KLIK DISINI



Sumber: kompas

0 komentar:

Posting Komentar