Minggu, 24 Juni 2012

Ekstrem Ala Sate Landak


     Pasti anda sudah mengenal landak, hewan pengerat yang memiliki duri disepanjang tubuhnya. Tapi apakah anda pernah mencicipi makanan yang menggunakan daging landak. Ternyata  landak memiliki daging yang lembut layaknya daging kelinci, kambing, ataupun ayam. Salah satu jenis kuliner yang menggunakan daging landak adalah sate landak. Orang-orang yang sudah mencicipi sate ini mengatakan daging landak ini terasa empuk dan rasanya juga enak.

     Sate landak ini dapat anda temukan jika berkunjung ke magelang atau jogjakarta. Salah satu penjual sate landak ini adalah ibu Nur Ika asal klaten. Ibu Nur sudah dua tahun menjual sate landak ini didaerah jojakarta. Satu porsi sate landak dijual seharga Rp 12.500,00 dan rica-rica landak dengan harga Rp 15.000,00. Ternyata harganya cukup terjangkau, jadi bagi yang ingin mencoba tidak perlu terlalu khawatir mengenai harga sate landak ini.

     Daging landak memiliki banyak manfaat dan dapat dijadikan obat seperti obat asma, obat hati, ekornya untuk peningkat vitalitas, kesehatan daya tahan tubuh dan juga dagingnya non kolesterol. Konsumen makanan landak biasanya terbatas pada kalangan menengah ke atas sedangkan kalangan menengah ke bawah hanya menggunakan daging landak sebagai obat.

     Untuk menangkap landak tidaklah mudah dan banyak yang harus dipersiapkan. Persiapan biasa dilakukan disiang hari. Warga secara berkelompok, yang terdiri dari 3-10 orang. Untuk menangkap landak warga menggunakan kandang jebakan yang terbuat dari besi. Kandang jebakan ini dibuat dengan ukuran cukup untuk menangkap landak dengan berat 6 kilogram. Selain itu juga dipersiapkan umpan yang berupa umbi dari tanaman yang banyak terdapat dipekarangan rumah.

     Kandang jebakan biasa diletakkan didekat sarang landak. Landak biasanya membuat landak sebagai sarangnya. Lubang sarang landak biasanya sedalam lebih dari 5 meter yang dibuat saling sambung menyambung. Untuk mengenali sarang landak tinggal melihat tumpukan tanah yang terdapat dilubang.

Sumber:bisnisukm.com

1 komentar:

  1. Salam kenal, saya mohon bantuannya untuk no. Hp penjual daging sate landak. Terima kasih atas bantuannya. Hormat saya. Aidil

    BalasHapus