Minggu, 24 Juni 2012

Belajar Kesabaran Dari bambu Cina


     Cina mendapat julukan sebagai negeri tirai bambu tentu karena cina  memang memiliki tanaman bambu. Tapi jangan salah karena bambu cina ini berbeda dengan bambu biasa. bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas dibatangnya. Bambu cina memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai makanan dari hewan panda dan dapat dijadikan obat. Pada pengobatan cina, bambu digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber potassium yang rendah kalori serta terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik.

     Ada kisah unik mengenai tanaman bambu cina ini. Konon didaratan cina, ada tanaman yang namanya bambu cina. Tanaman tersebut harus disiram dua kali dalam sehari yaitu setiap pagi sebelum matahari terbit dan sore hari setelah matahari terbenam. Para petani bambu cina ini akan menyiram bibit-bibit bambu cina yang ditaruh dalam pot-pot. Penyiraman ini dilakukan secara terus menerus selama 6 tahun pertama, kalau tidak dilakukan maka tanaman bambu ini akan mati dan tidak pernah tumbuh.

     Mungkin akan terlihat aneh memang karena selama 6 tahun para petani menyiram pot-pot bibit bambu cina yang tidak menunjukkan tanda kehidupan. Tapi para petani ini percaya bahwa suatu hari mereka akan bangga dengan tanamannya. Sesudah 6 tahun berakhir, maka keluarlah tunasnya dari bibit tanaman bambu cina dan dalam waktu 6 bulan, tanaman bambu cina ini akan memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari tanaman disekitarnya.

     Akhirnya tumbuhlah tanaman  yang menjulang tinggi dari tanaman sekitarnya. Sifat bambu cina ini mengajarkan kesabaran pada diri manusia. Terkadang kita menemui kesulitan-kesulitan yang harus dihadapi dengan sikap sabar dan tawakal seperti yang dilakukan petani bambu cina ini.

Sumber:www.baliusada.com

1 komentar: