Senin, 18 Juni 2012

Burungeng Asal Sulawesi


     Mungkin kata Burungeng terasa asing bagi anda. Burungeng bukanlah burung melainkan siput atau lebih lengkapnya siput tambak.  Burungeng bisa kita jumpai di dusun Cumene Desa Buarenge Kecamatan Sibule Kasbupaten Bone Sulawesi Selatan. Siput ini hidup dihamparan tambak yang terbentang luas, karena hidup ditambak inilah maka siput ini disebut juga siput tambak atau disebut penduduk local Burungeng.

     Burungeng hidup di air payau tambak. Banyak anak-anak sering memburu Burungeng ini untuk dikonsumsi.  Untuk mendapatkan Burungeng ini sangatlah mudah, yakni dengan hanya meraba-raba gumpalan lumpur dipinggiran tambak. Hasil tangkapan Burunge ini akan dimasukkan didalam ember. Kemudian Burungeng akan dibersihkan dari kotoran dan lumpur. Usai dibersihkan  Burungeng langsung dibakar ditungku pembakaran.

     Setelah dirasa matang, Burungeng atau siput tambak ini pun siap dinikmati. Tentunya sebelum dimakan, cangkang siput mesti dilepas terlebih dahulu dengan menggunakan golok atau benda tumpul lainnya. Agar lebih enak Burungeng bakar ini dapat diberi garam sedikit.

Sumber: kompas 

0 komentar:

Posting Komentar