Jumat, 20 April 2012

Tentang Singkong


     Siapa sih yang gak tau dengan singkong, harganya murah dan mengenyangkan tentunya.  Singkong yang juga dikenal dengan nama ketela pohon atau ubi kayu, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika. Ini sebabnya singkong sangat mudah tumbuh dinegara kita karena didukung iklim kita yang tropis. Nama latin dari singkong merupakan manihot utilissima.

     Singkong merupakan salah satu makanan pokok diIndonesia, bahkan ada beberapa suku yang masih menggunakan singkong sebagai pengganti beras. Umbi dari singkong merupakan makanan pokok penghasil karbohidrat dan daun singkong pun biasa dimasak sebagai sayuran. Singkong memiliki umbi atau akar pohon berdiameter 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, tergantung dari jenis singkong itu sendiri. Daging umbinya sendiri berwarna putih kekuningan. Singkong yang rusak biasanya ditandai dengan warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang beracun bagi manusia.

     Tahukah anda, singkong ditanam diIndonesia secara komersial sekitar pada tahun 1810, setelah sebelumnya diperkenalkan oleh orang portugis pada abad ke-16 ke nusantara dari brasil. Singkong pertama kali dikenal di amerika selatan kemudian dikembangkan pada masa pra-sejarah di Brasil dan Paraguay.

     Umbi singkong merupakan sumber energy yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionin.
     
     Ternyata banyak sekali info menarik mengenai si singkong. Semoga sedikit informasi dari artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar