Sabtu, 21 April 2012

Mengenal Hari Bumi


     Tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi (earth Day) secara Internasional. Hari ini dikhususkan sebagai hari untuk meningkatkan kesadaran, apresiasi dan kecintaan pada planet Bumi yang sedang kita tinggali ini. Maka tidak heran Pada tanggal tersebut banyak sekali kegiatan-kegiatan atau pesan yang berkaitan tentang lingkungan hidup.

     Hari Bumi ini pertama kali dicetuskan oleh seorang Senator dari amerika serikat yang bernama Gaylord Nelson pada tahun 1970. Gaylord Nelson juga merupakan  seorang pengajar Lingkungan Hidup. Ternyata tanggal 22 April ini juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemispherre (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan. Pihak PBB  sedikit berbeda dengan tanggal perayaan hari Bumi ini, PBB merayakan Hari Bumi pada tanggal 20 maret. Tanggal 20 maret merupakan tradisi yang dicanangkan aktivis perdamaian John Mc Connel pada tahun 1969 yang merupakan hari dimana matahari tepat diatas khatulistiwa yang sering disebut Ekuinoks Maret.

     Sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada bumi karena bumi telah memberikan banyak kebutuhan sehingga kita dapat bertahan hidup. Mulai dari udara, air, bahan pangan dan papan, dan lain-lain semua disediakan bumi untuk kita. Harusnya kita mulai menjaga dan menggunakan hasil bumi dengan efisien dan efektik agar keindahan dari bumi ini tetap dapat dirasakan oleh keturunan kita nantinya. Tuhan pun memerintahkan kita untuk selalu menjaga dan merawat alam yang telah diciptakannya dan mengancam akan menghukum bagi manusia yang berbuat kerusakan. Jadi sekali lagi “ SAVE OUR EARTH”.

Sumber: Wikipedia Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar