Jumat, 20 April 2012

Khasiat Ubi Ungu



     Ubi  kayaknya sudah tidak asing lagi kita dengar, mungkin malah sering makan. Apalagi sekarang banyak sekali variasi dalam pengolahan ubi  ini. Mulai dari digoreng, direbus, dibakar sampai dibuat kripik pun sudah ada. Faktor lain yang membuat populernya ubi juga karena harganya yang terjangkau sehingga dapat dinikmati segala kalangan.

     Ubi Ungu, ayo pada tau gak sama jenis ubi yang satu ini. Dari beberapa jenis ubi atau singkong yang beredar, ubi ungu ini memang yang paling jarang ditemui. Jadi wajar jika banyak penduduk Indonesia yang  tidak tau jika ada ubi yang berwarna ungu. Ubi ini rasanya tidak kalah enak dengan jenis ubi yang lain. Ubi ungu pun sering dibuat kue karena warnanya yang unik serta khasiatnya yang baik buat tubuh.

     Ternyata warna ungu pada ubi ini bukan hanya sekedar warna, akan tetapi pigmen warna ungu membuat ubi ini dapat menjadi antioksidan bagi tubuh kita.  Antioksidan penting bagi tubuh kita  karena dapat menangkal racun, oksidasi dalam tubuh, dan juga menghambat penggumpalan sel-sel darah.

     Selain mengandung antioksidan, Ubi Ungu juga memiliki kadar karbohidrat seperti jenis ubi yang lain. Ubi ungu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, riboflavin, zat besi dan kalsium.

     Rasa Ubi ini manis, jadi sangat enak sekali untuk dinikmati sebagai teman sarapan atau cemilan sehari-hari.  Harga ubi ini pun relatif terjangkau dan pengolahannya pun sangat mudah. Paling gampang adalah dengan merebus ubi ini atau dikukus. Tentunya sebelum direbus atau dikukus ubi harus dibersihkan dan dibuang kulitnya.

     Sekian sedikit info tentang ubi ungu semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kehidupan kita.

0 komentar:

Posting Komentar