Minggu, 21 Desember 2014

Sayang Gigi Kesehatan Terjamin


Mengapa harus rajin sikat gigi ? Bukan hanya demi penampilan ataupun agar memudahkan mengigit makanan tetapi kesehatan gigi memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan. Mulut merupakan salah satu pintu bagi masuk dan berkembangnya kuman-kuman kedalam tubuh. kuman-kuman ini senang sekali berada disela-sela gigi sehingga perlu untuk dibersihkan secara rutin.

Perlu diperhatikan bahwa kuman-kuman yang berkembang dimulut bukan hanya kuman biasa bahkan kuman penyebab kanker pun ada. Contohnya adalah HPV atau Human Papilloma Virus yang merupakan penyebab kanker leher Rahim dan juga kanker kepala dan leher. Ternyata resiko terkena virus ini bisa diturunkan dengan cara lebih memperhatikan kebersihan gigi dan mulut.

Umumnya ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan gigi dan mulut yaitu dengan cara menyikat gigi ataupun berkumur. Sikat gigi saja memanglah tidak cukup karena tidak dapat menjangkau seluruh rongga mulut. Karena itu tetap disarankan untuk berkumur walaupun sudah rutin dalam menyikat gigi.

Selain dua cara itu ada juga cara membersihkan gigi dengn benang gigi. Benang gigi digunakan apabila susunan gigi tidak rata sehingga sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi. Melakukan pemeriksaan gigi 2 kali dalam setahun juga dapat menjadi tindakan pencegahan agar masalah gigi dapat diatasi sedini mungkin.

Berbicara tentang menyikat gigi ternyata masih banyak juga yang salah dalam menentukan waktu yang tepat dalam menyikat gigi. Masih banyak yang menyikat gigi pada waktu mandi. Padahal waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah pada saat setelah sarapan dan sebelum tidur.  Ternyata meski sudah sering sikat gigi tapi salah dalam waktunya tidak membawa dampak yang signifikan dalam perawatan gigi.

Selain waktu yang tidak tepat, cara menyikat gigi yang tidak tepat juga membuat bakteri dalam mulut tidak bersih secara maksimal. Sikatlah gigi minimal dalam waktu 2 menit sehingga dapat betul-betul membersihkan seluruh area gigi. Mulailah menyikat gigi dari bagian yang paling dekat dengan lidah karena merupakan tempat yang paling besar untuk gigi berlubang. Gunakan sikat gigi yang halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Perlu diketahui bahwa gigi hanyalah 20 persen dari seluruh permukaan mulut. Sehingga untuk membersihkan seluruhnya gunakanlah obat kumur. Bakteri pathogen bias hidup ditempat lain seperti lidah, gusi, air liur dan lainnya. Obat kumur akan membunuh bakteri yang berada di area selain gigi sekaligus mencegah dan mengurangi plak di permukaan gigi yang tidak tercapai oleh sikat gigi. Gunakanlah obat kumur yang mengandung antimikroba.

Menghindari makanan manis seperti permen juga wajib karena makanan ini akan menempel di gigi dan akan membuat pembentukan asam oleh bakteri. Usahakan untuk berkumur-kumur setelah 20 menit mengkonsumsi makanan manis ini. Sebaliknya perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan karena kaya akan serat. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk tubuh tetapi juga akan merangsang aliran liur di mulut dan membantu remineralisasi gigi.

Hal penting lainnya adalah tentang rokok dan minuman alcohol. Perokok beresiko empat kali lebih tinggi menderita penyakit gusi dibandingkan bukan perokok. Sementara itu, konsumsi alkohol dalam jumlah tinggi akan meningkatkan kerusakan gigi.

Sumber kompas


0 komentar:

Posting Komentar