Selasa, 23 Desember 2014

Pelajari Bahaya Botol Plastik


Wadah plastik memang paling popular digunakan sebagai botol minuman berbagai merek. Sifatnya yang ringan dan kuat menjadi alasan tersendiri bagi banyak pabrikan minuman untuk menggunakannya.  Wadah plastik ini pun ada berbagai jenis typenya.  Ingin mengenal lebih jauh tentang botol plastik dan apa saja sih bahayanya jika salah dalam penggunaannya, lanjut bacanya ya.

Plastik sendiri adalah bahan sintetis yang diproduksi dengan menggunakan bermacam senyawa. Ada banyak jenis plastik dan salah satu tipe yang aman digunakan dalah plastik PET. Walau PET aman digunakan, pemakaian botol plastik ini hanya dapat dipakai sekali dan tidak boleh digunakan berulang-ulang. Sebagian masyarakat masih sering menggunakan botol plastik ini secara berulang-ulang sehingga dapat memberi dampak negative bagi tubuh.

Kemasan plastik sebenarnya akan menimbulkan masalah jika benda ini didaur ulang dan dipakai kembali. Hal ini terjadi karena plastik yang terurai akan melepaskan zat kimia yang disebut Bisphenol A (BPA) kedalam air.BPA ini sendiri memiliki efek negative terhadap hormon tubuh yang meliputi gangguan prilaku, menurunkan imunitas, pubertas dini pada anak perempuan, masalah kesuburan, menurunkan julah sperma, dan masih banyak lainnya.

Selain menghasilkan BPA botol plastik juga mengandung zat kimia yang disebut phthalates, ini adalah zat yang membuat plastik jadi lebih fleksibel. Phthalates telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan seperti kanker hati, menurunkan jumlah sperma dan masalah reproduksi lainnya.  

Untungnya saat ini sudah ada botol plastik yang berlabel BPA-free atau bebas kandungan bhisphenol. Jadi untuk amannya, pilihlah botol plastik dengan label tersebut, apalagi jika digunakan sebagai wadah untuk botol susu dan makanan anak.

Selain dampak nya bagi kesehatan tubuh, botol plastik pun punya dampak negative terhadap lingkungan. Untuk terurai, botol plastik memerlukan waktu yang sangat lama yaitu sekitar 450-1000 tahun. Hal ini menyebabkan sulitnya dalam mengolah limbah plastik ini. Padahal ada sekitar 50 milliar botol plastik digunakan setiap tahun di seluruh dunia, sehingga lokasi pembuangan sampah hampir tidak akan cukup untuk menampung semuanya.

Tahukah anda untuk membuat botol plastik yang menampung satu liter air dibutuhkan 3 liter air dalam pengolahannya. Dan setelah proses produksi, air sisa ini tidak dapat lagi digunakan dan langsung dibuang. Hal ini menandakan banyaknya penggunaan air bersih dalam pembuatannya. Selain air, dalam proses produksinya botol plastik juga banyak menggunakan bahan bakar minyak. Sekitar 17 juta barrel minyak digunakan untuk memproduksi botol plastik ini setiap tahun. dan ini belum termasuk jumlah bahan bakar yang digunakan untuk transportasinya.

Jika disimpulkan dari segi kesehatan dan lingkungan tentunya lebih baik jika kita membatasi penggunaan botol plastik ini, lebih baik menggunakan botol yang menggunakan bahan kaca.

sumber kompas


0 komentar:

Posting Komentar