Senin, 11 November 2013

Unik, Sekolah Di Atas Air


Pendidikan merupakan salah satu masalah yang kerap hadir di negara kita. Banyaknya anak-anak yang tidak merasakan pendidikan di sekolah merupakan bukti kalau jumlah sekolah yang ada belumlah optimal. Tapi masalah ini bukan hanya diderita oleh negara kita tapi juga beberapa negara lain seperti salah satunya adalah Nigeria. Nigeria memiliki banyak daerah terpencil dan sulit dijangkau serta memiliki iklim yang tak menentu membuat permukaan air laut sering naik.

Tingginya kenaikan air laut ini akhirnya sering merendam banyak sekolah yang ada sehingga fasilitas sekolah tidak dapat lagi digunakan. Untuk itu negara ini memerlukan sebuah solusi agar para siswa tetap dapat merasakan pendidikan. Maka dibuatlah yang namanya sekolah mengambang.

Sesuai dengan namanya sekolah mengambang jelas tidak menempel ketanah melainkan mengambang diatas air. Sekolah Mengambang Makoko dan keseluruhan program komunitas mengambang ini sepenuhnya menggunakan material dan sumber daya lokal. Karya arsitektur yang dihasilkan pun mampu diaplikasikan pada kebutuhan orang-orang di sana dan merefleksikan kebudayaan komunitas setempat.
Sekilas, sekolah tersebut tampak seperti piramida. Konstruksinya dibuat dengan menggunakan kayu. Selain untuk membangun struktur,  kayu juga digunakan untuk menyangga dan menjadi finishing bagi konstruksi tersebut. 

Piramida memiliki tiga lantai, yaitu lantai dasar, lantai kedua, dan lantai ketiga dengan luas paling kecil jika dibandingkan dengan kedua lantai lainnya. Ruang kelas rencananya ditempatkan pada lantai kedua. Lantau dasar digunakan sebagai tempat bermain. Semua ruang ini akan dikelilingi oleh tanaman hijau.  

Sekolah mengambang ini dibuat oleh NLE Architects yang disponsori oleh United Nations Development Programme (UNDP) dan Heinrich Boel Foundation. Sekolah ini merupakan tahap pertama dalam tiga tahap pengembangan yang akan menjadi sebuah komunitas mengambang. Proses ini dimulai tahun lalu bulan oktober 2012 dan selesai februari awal tahun ini.

Lantas, bagaimana cara struktur ini mengambang?  Struktur ini beralaskan tong-tong plastik (plastic barrels). Meski tampak sederhana, tong tersebut mampu membuat struktur ini mengambang sekaligus menampung kelebihan air hujan dari sistem penampungan air hujan di atap.


0 komentar:

Posting Komentar