Minggu, 17 Maret 2013

Inilah Anjing Yang Bisa Kenali Kanker Payudara



     Anjing memang terkenal memiliki penciuman yang tajam sehingga sering digunakan untuk menemukan barang-barang tertentu seperti obat terlarang. Tetapi jika anjing yang mampu mengenali kanker payudara pasti baru anda dengar. Tahukah anda, Salah  satu anjing asal inggris kini sedang dilatih untuk mendeteksi kanker payudara.
     Jobi adalah anjing pertama dalam penelitian baru yang dilatih untuk bisa mengenali bau sel kanker payudara. Sebelumnya, anjing ini pernah secara tak sengaja mencium bau kanker payudara milih peneliti di Buckinghamshire.
     Dr CLaire Guest dari Medical Detection Dogs saat ini melatih anjing untuk bisa mencium bau kanker lainnya. Saat ini, anjing-anjing tersebut dilatih untuk mengenali bau kanker payudara melalui tes napas pasien.
     Medical Detection Dogs adalah badan amal yang bekerjasama dengan peneliti di NHS Trusts untuk melatih anjing spesialis yang mampu mengenali bau penyakit pada manusia.
      Badan ini bekerja sejak tahun 2004 setelah Dr John Church, melalui jurnal The L   ancet menulis bahwa anjing bisa mendeteksi kanker kandung kemih. Mengetahui hal tersebut, Dr Guest berusaha melatih anjing untuk mendeteksi bau sel kanker.
     Sejauh ini anjing bisa mendeteksi adanya kanker kandung kemih dan kanker prostat pada manusia. Sementara itu, anjing-anjing ini masih dilatih untuk mengenali kanker payudara melalui napas.
     "Kami harus menemukan apakah anjing bisa benar-benar mendeteksi kanker payudara. Terutama untuk mengetahui tahap kanker yang dimiliki. Karena akan sangat berguna untuk menentukan kemungkinan pasien bertahan hidup," ungkap Dr Guest, seperti dilansir oleh BBC (14/03).
     Penelitian ini masih dalam tahap awal. Peneliti belum bisa mengetahui dengan jelas apakah anjing bisa dipercaya untuk mendeteksi kanker payudara. Selanjutnya mereka akan mencoba melakukan percobaan menggunakan sampel dari rumah sakit lokal.


0 komentar:

Posting Komentar