Rabu, 30 Januari 2013

Tips Menghindari Penularan Flu Dirumah



     Flu merupakan salah satu penyakit menular. Walaupun tidak memiliki dampak yang kronis tentunya anda tidak ingin tertular penyakit flu kan. Tapi bagaimana jika salah satu keluarga rumah anda ada yang sedang sakit flu. Untuk itu anda perlu tahu caranya untuk menghindari tertular flu ketika dirumah, berikut tipsnya.
     Flu dan deman seringkali menyertai musim penghujan seperti saat ini. Meminum obat, memakan sup hangat, dan beristirahat selama beberapa hari dapat membuat Anda terbebas dari flu ringan.
     Namun, jika saat ini salah satu anggota keluarga Anda sedang terserang flu dan Anda harus tetap sehat karena tenggat waktu pekerjaan, Anda harus mencari cara agar Anda tidak sampai tertular.Huffington Post melansir artikel mengenai pengentasan virus flu dan demam di rumah Anda berikut ini.

Gunakan peralatan sekali pakai
     Anda bisa menggunakan peralatan sekali pakai ini untuk membersihkan rumah, terutama ketika salah satu anggota keluarga Anda terserang flu. Selain itu, cuci bersih spons dan sikat pencuci piring setiap hari.
Bersihkan wastafel
     Sikat bersih wastafel kamar mandi Anda. Wastafel merupakan "area panas" tempat virus penyebab flu. Bersihkan dengan menggunakan disinfektan setiap harinya.
     Bagian lain dari wastafel yang memerlukan perhatian Anda adalah tempat penyimpanan sikat gigi. Sebaiknya, Anda tidak menyimpan sikat gigi pada tempat yang sama dengan penderita flu
     Bagi Anda yang kini tengah terjangkit flu, gantilah sikat gigi Anda setelah sembuh. Terakhir, sekaswitch lampu dan handel pintu rumah Anda.

Produk anti-bakteri
     Ada baiknya, mulai sekarang Anda menggunakan produk anti-bakteri. Eugene Cole, Prof Brigham Young University di Salt Lake City telah membuktikan, bahwa rumah yang menggunakan produk antibakteri kebal terhadap penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
Sabun batangan
     Memang, meskipun Anda dianjurkan untuk tidak menempatkan sikat gigi di tempat sama dengan penderita flu, Anda tetap dapat menggunakan sabun batangan yang sama dengan penderita flu. Namun, pastikan sabun tersebut merupakan sabun anti-bakteri dan sudah Anda rendam pada air hangat selama 20 hingga 25 detik.
Waspadai barang elektronik
     Barang-barang seperti remote televisi, kontrol game, kibor komputer, dan telepon harus Anda bersihkan dan bebaskan dari kuman secara teratur. Anda bisa menggunakan semprotan disinfektan, dan biarkan beberapa menit sampai kering.

Bersihkan bantal dan handuk
     Bersihkan handuk dan seprai anggota keluarga Anda yang sedang sakit setiap harinya. Gunakan air hangat, terutama untuk sarung bantal dan handuk wajah.
Hindari tidur bareng
     Meskipun terkesan "terpaksa", anjuran pisah tidur untuk beberapa saat memang sebaiknya diikuti. Saat ada anggota terkena flu, ada baiknya hindari tidur dalam kamar yang sama dengan pengidap flu.

0 komentar:

Posting Komentar