Minggu, 24 Agustus 2014

3 Jenis Kesabaran


Indahnya kesabaran. Artikel tentang 3 jenis kesabaran ini saya buat berdasarkan ceramah Aa Gym di youtube yang menurut saya sangat bagus sekali sebagai dasar pemikiran. Pribadi yang memiliki kesabaran adalah pribadi yang cerdas yang mampu mengelola emosi menghadapi berbagai macam tekanan dan dilema dalam kehidupan. Memiliki sikap sabar menjadi wajib bagi diri pribadi agar dapat menjalani hidup ini dengan tentram.

3 jenis kesabaran itu sendiri terdiri dari sabar dalam pelurusan niat, sabar dalam proses, serta sabar dalam hasil. untuk lebih jelasnya akan saya coba uraikan satu demi satu, mohon maaf mungkin jika tidak sama persis dengan yang diuraikan, semoga apa yang saya tulis ini tetap dalam bimbingan Allah.

Yang pertama adalah sabar dalam pelurusan niat. Niat merupakan salah satu yang paling vital sebelum melakukan sesuatu. bahkan sesuatu yang baik akan dinilai buruk jika niatnya jelek. Misalnya saja bersedekah bisa menjadi buruk apabila niatnya hanya ingin dilihat orang lain atau dibangga banggakan. Untuk itu bersabar dalam niat sangatlah penting. sebelum melakukan sesuatu silahkan tanya kepada diri pribadi terlebih dahulu tentang apa niat kita melakukan hal tersebut. Berhenti dan berpikir sejenak memikirkan tentang niat akan menjadikan diri kita pribadi yang lebih bijaksana sebelum melakukan sesuatu. Tentunya niat yang paling baik adalah niat untuk beribadah kepada Allah.

Sabar yang kedua adalah sabar dalam proses. Untuk menghasilkan sesuatu sejatinya dibutuhkan proses. Bersabar dalam proses tentunya akan memberikan dampak yang positif pada hasil yang akan didapatkan. Misalkan saja anda akan membangun rumah, kalau anda terburu-buru dan tidak sabar akan prosesnya bisa saja rumah anda menjadi tidak bagus atau tidak tahan lama serta tak beraturan bentuknya. sehingga sia-sia lah rumah tersebut dan akan kurang manfaatnya. Didalam kehidupan pun seperti itu, didalam berproses hendaknya kita sebagai manusia mesti bersabar, jangan mencari jalan pintas yang malah hanya akan memberikan dampak buruk kedepan. Fokus pada proses yang baik dan benar tentunya akan memberikan dampak yang lebih baik bagi kehidupan.

Sabar yang terakhir adalah sabar dalam hasil. sabar dalam hasil merupakan jenis sabar yang biasanya sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Ketika berhasil baik dalam harta maupun jabatan seringkali kita sebagai manusia mulai lalai dan sering memperturutkan hawa nafsu. Ketika memiliki banyak harta kita mulai berbelanja membabi buta padahal barang-barang itu bukanlah barang yang kita butuhkan. Padahal barang yang sifatnya hanya kita inginkan umumnya tidak bertahan lama karena sifat ingin akan selalu muncul kembali kepada barang-barang yang lain. seperti halnya jabatan yang sering membuat lupa pemiliknya sehingga pemilik jabatan sibuk dengan kepentingannya sendiri. Untuk itu sabar dalam hasil sangatlah penting sebagai rem yang akan menghentikan keinginan yang berlebihan. Sabar dalam hasil juga akan dapat menjadikan kita lebih bijak dalam menggunakan harta dan jabatan untuk kepentingan beribadah kepada Allah SWT.


0 komentar:

Posting Komentar