Selasa, 12 Februari 2013

Tips Bahan Makanan Baik Bagi Otak



     Otak merupakan salah satu pusat kontrol tubuh manusia. Kesehatan otak penting dijaga demi mengoptimalkan daya pikir dan kecerdasan. Tentunya otak juga membutuhkan sumber vitamin dan mineral agar dapat mempertahankan kemampuannya. Berikut adalah bahan makanan yang jika dikonsumsi akan memberikan dampak positif ke otak.

     Jenis makanan sehat dapat meningkatkan memori dan memperlambat penurunan kognitif. Mengkonsumsi makanan kaya senyawa tertentu juga dapat membantu untuk menjaga kemampuan mental dengan baik hingga lanjut usia.

     Satu penelitian baru-baru ini telah menunjukkan bagaimana beberapa jenis bahan makanan dapat membantu meningkatkan memori otak, sebagaimana dikutip dari MedicalDaily.

     Asam lemak omega-3 yang berasal dari ikan laut seperti salmon, merupakan sumber yang baik dari asam docosahexaenoic dan asameicosapentaenoic. Asam lemak terkait dengan peningkatan fungsi kognitif dan menurunkan tingkat depresi.

     Teh hijau yang terbuat dari tanaman Camellia sinensis efektif dalam meningkatkan kewaspadaan mental serta pikiran.

     Meskipun pengaruh teh hijau ini disebabkan karena adanya kandungan kafein, penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau seperti epigallocatechin-3-gallate, juga dapat membantu meningkatkan memori.

     Sayuran berdaun hijau dan makanan lain yang mengandung magnesium juga memiliki peran untuk membantu mempertahankan fungsi mental dan syaraf normal, menurut Office of Dietary Supplements.

     Studi terbaru juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi cokelat dapat meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar