Senin, 11 Februari 2013

Khasiat Zinc Bagi Kekebalan Tubuh



     Pernah mendengar kata zinc, mungkin zinc tidaklah sepopuler vitamin yang dianggap lebih diperlukan oleh tubuh. Tapi ternyata zinc ini memiliki peran penting bagi sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem Kekebalan tubuh ini sangatlah penting untuk melawan infeksi dan berbagai penyakit.
     Baru-baru ini peneliti menemukan kinerja zinc yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa zinc menjaga sistem kekebalan tubuh agar tak lepas kendali.
     Peneliti juga menemukan bahwa zinc bisa membantu untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh melawan flu. meski khasiat zinc tak dipertanyakan lagi, namun peneliti masih tak mengetahui bagaimana kinerja zinc dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh.
     Penelitian sebelumnya pada tikus yang dilakukan oleh peneliti Ohio State University menunjukkan bahwa kekurangan zinc bisa menyebabkan tubuh mengalami peradangan.
     Melalui eksperimen, peneliti mengetahui bahwa dalam tubuh manusia terdapat protein NF-kB yang mengikat zinc dan sistem kekebalan tubuh. Protein ini menyebabkan tubuh cepat bereaksi melawan infeksi. Setelah masuk ke sistem kekebalan tubuh, zinc kemudian mengerem aktivitas melalui NF-kB dan memperlambat respon sistem kekebalan tubuh. Hasilnya peradangan pun berkurang.
     "Sistem kekebalan tubuh harus bekerja dalam keseimbangan yang sangat ketat. Ini menyebabkan terlalu banyak kinerja sistem kekebalan tubuh juga bisa berbahaya. Untuk itu diperlukan zinc untuk menjaga kinerja sistem imun agar tidak berlebihan dan menyebabkan peradangan," ungkap Dr Daren Knoell, seperti dilansir oleh BBC (08/02).
     Penemuan ini memberikan pemahaman pada ilmuwan mengenai peran zinc terhadap sistem kekebalan tubuh. Ini juga menunjukkan kinerja zinc dalam memerangi infeksi dan beberapa jenis penyakit seperti influenza. Meski begitu masih diperlukan banyak penelitian lagi untuk melihat peran zinc dalam mencegah beberapa penyakit seperti sepsis.


0 komentar:

Posting Komentar