Selasa, 01 Januari 2013

Tips Olah Ikan Agar Enak dan Bergizi



     Makanan laut merupakan makanan yang rendah akan kolesterol. Sehingga makanan laut aman untuk dikonsumsi setiap hari. Salah satu jenis makanan laut adalah ikan. Ikan sendiri terdiri dari berbagai macam jenisnya. Setiap jenis ikan memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, sehingga ketika menghidangkannya pun memerlukan teknik-teknik tersendiri. Ingin tahu cara mengolah ikan agar bergizi dan enak, berikut tipsnya.

     Anda pencinta makanan laut? Jika ya, sudah sepantasnya Anda menyukai hidangan berbahan dasar hewan laut yang kaya protein, yakni ikan.

     Beragam jenis makanan bisa dihasilkan dari bahan baku ikan. Selain mengenyangkan, mengonsumsi menu-menu ikan juga akan membawa segudang manfaat buat kita. Maklum, di dalam ikan terkandung zat gizi yang sangat baik bagi otak dan tubuh.

     Jenis ikan terbagi atas ikan tanpa rahang, ikan bertulang rawan seperti hiu ataupun pari, dan sisanya yang tergolong ikan bertulang keras. Ikan memiliki bermacam ukuran, mulai paus dan hiu yang memiliki panjang 14 meter hingga stout infant fish yang hanya berukuran 7 milimeter. Ada beberapa jenis hewan air yang sering dianggap sebagai “ikan”, seperti ikan paus, ikan cumi, dan ikan duyung yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.

     Menu berbahan baku ikan dapat dengan mudah kita jumpai di sini. Metode pengolahannya beragam, mulai goreng, bakar, panggang, rebus, bahkan ada yang dihidangkan dalam kondisi mentah. Ikan yang bisa dipilih untuk disajikan sebagai makanan sehari-hari juga banyak jenisnya, seperti kakap, tenggiri, kerapu, salmon, dan masih banyak lagi.

     Kakap merah merupakan hewan laut yang selalu berkelompok menempati karang, tandes, maupun rumpon. Ikan kakap merah yang mempunyai “nama Inggris” red snapper, hampir bisa ditemui di semua lokasi di Indonesia, bahkan dunia. Bentuk tubuhnya bulat pipih dan memanjang dengan sirip di bagian punggung. Di bawah perut juga terdapat sirip. Di bagian dekat anal pun terdapat sirip anal.

    Sebagai ikan penguasa karang, kakap dilengkapi dengan gigi untuk mengoyak mangsanya. Cara makan kakap tergolong unik. Ikan ini tidak menyergap, namun mengisap mangsa dengan mulut lebarnya.

      Kakap merah oven dengan saus BBQ bisa menjadi pilihan menu keluarga Anda. Ditinjau dari namanya, kita sudah dapat membayangkan bahwa menu kakap ini dibuat dengan cara di-oven. Sajian ikan kakap ini juga menggunakan saus barbeque sebagai pelengkap.

     Menu lain yang bisa dipilih adalah sajian berbahan dasar ikan gindara. Namanya ikan goreng saus mangga. Menu ini memiliki rasa asam yang segar, berasal dari saus yang digunakan. Ingin yang lebih “beda”, cobalah membuat sushi atau stim ikan kerapu.

TIKET PESAWAT PROMO DAN TERMURAH INDONESIAKLIK DISINI 
DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL TERMURAH SEINDONESIA KLIK DISINI 
PENGEN LAPTOP ATAU GADGET MURAH KLIK DISINI 
PENGEN COBA BISNIS PULSA GRATIS KLIK DISINI 
AYO DAPAT UANG GRATIS KLIK DISINI
Sumber

0 komentar:

Posting Komentar